Jamin Ketersediaan Air Bersih, Ketua PMI Jusuf Kalla Serahkan Bantuan Tangki untuk Korban Gempa Pasaman

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla (JK) usai menyerahkan bantuan mobil tangki kepada warga korban gempa Pasaman Sumatera Barat, Sabtu, (19/03/2022)
Dukcapil Makassar

Online24, Pasaman – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla (JK) menyerahkan bantuan mobil tangki kepada warga korban gempa Pasaman Sumatera Barat, Sabtu, (19/03/2022). Penyerahan yang dilakukan di Markas PMI Sumbar tersebut dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi korban gempa di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, bulan lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Jusuf Kalla menegaskan pentingnya ketersediaan air bersih bagi warga korban gempa.

“Yang paling pertama itu adalah kebutuhan air. Yang kedua obat-obatan dan kebutuhan lainnya. Gempa itu selalu begitu. Itu bahkan bisa sampai setahun (air bersih),” tegas JK.

Ia mencontohkan kasus bencana alam Merapi yang membutuhkan penyediaan air bersih hingga 1,5 tahun dan gempa Lombok yang butuh waktu hingga 2 tahun. Olehnya itu, JK menjamin jika PMI pusat akan memantau kondisi warga yang terdampak gempa bumi dan menyalurkan bantuan kepada korban gempa sesuai kebutuhan, berdasarkan laporan dari PMI Sumbar.

“Bahkan jika kurang kita akan tambah untuk memenuhi kekurangan,” tambahnya lagi.

Gempa bumi yang mengguncang Pasaman Barat terjadi pada 25 Februari 2022 lalu dengan kekuatan 6,1 Mw. Gempa yang berlokasi di darat lereng Gunung Talamau pada kedalaman 10 km.

Pemkot Makassar