Kenaikan Harga Minyak Goreng di Pasaran Tetap Jadi Isu Seksi Dalam Acara Coffee Morning Diskominfo Makassar

Ekbis, Regional14 Views
banner 468x60

Online24jam, Makassar, – Dinas Komunikasi dan Informatika kota Makassar kembali menggelar Coffee Morning yang digelar di Cafe dan Resto Up Normal di Jalan Bottolempangan, Makassar (29/03/2022). Dalam kegiatan tersebut, Diskominfo membahas ketersediaan bahan baku jelang Ramadan.

“Biasanya kan sebelum ramadhan terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok, jadi kami dari Diskominfo Makassar selaku SKPD berusaha menyajikan informasi program Pemkot Makassar terkhusus untuk di masing – masing SKPD.  Jadi terkhusus untuk hari ini kami undang Dinas Perdagangan Makassar serta PD Pasar agar kita bisa mengulas lebih jauh terkait persoalan kebutuhan pokok ini,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Mahyuddin.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Arlien Ariesta memaparkan harga dan kondisi stok komoditas pangan jelang ramadan mengalami kenaikan.

“Stok saat ini masih tersedia dan relatif aman jelan puasa hanya saja memang mengalami kenaikan.” ujarnya.

Menurutnya elangkaan dan kenaikan harga tersebut, dipengaruhi produksi bahan baku minyak goreng dan harga global.

“Pemerintah sejauh ini sudah melakukan berbagai intervensi dengan memasifkan pemantauan dalam penerapan sesuai harga eceran tertinggi (HET) dan kita siapkan operasi pasar.” Terangnya.

Sementara, Direktur PD Pasar Makassar Raya Thamrin Mensa. Menjelaskan pihaknya terus melakukan pemantauan harga komoditas pangan. Terutama pada komoditi minyak goreng, Bawang dan cabe yang banyak dikeluhkan masyarakat.

“Beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga adalah minyak goreng, bawang putih dan cabai,” jelasnya.

Kenaikan harga tersebut terjadi pada minyak goreng curah bahkan dibeberapa pasar ketersediaannya kosong.

“Penyebab kenaikan sejumlah komoditas karena adanya penyusuaian harga yang diterima dari penyalur dan distributor. Selain itu, karena kelangkaan solar sehingga mempengaruhi pendistribusian.” ungkapnya.

Kegiatan Coffee Morning ini juga disiarkan secara Live di Radio Suara Celebes FM dan ditayangkan di Chanel https://youtu.be/9mjRZwCEY7g

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *