Rombongan PPDS FK Unhas Visitasi di RS Dayaku Raja Kutai Kartanegara

Rombongan Tim Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin melakukan visitasi ke RS Dayaku Raja, Kota Bangun, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Online24, Makassar – Rombongan Tim Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin melakukan visitasi ke RS Dayaku Raja, Kota Bangun, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dekan FK Unhas Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, Sp.PD-KGH, Sp.GK memimpin langsung rombongan visitasi, yang berlangsung selama 2 hari (24-25/6/2022). Tim FK Unhas disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara dr. Martina Yulianti, Sp.PD, M.Kes, MARS dan Direktur RS Dayaku Raja dr. Aji Yulia Rakhma.

Menurut Prof Haerani, FK Unhas bekerja sama dengan RS Dayaku Raja sejak 2018 lalu untuk membantu pihak rumah sakit memberikan pelayanan spesialistik yang saat ini belum tersedia di rumah sakit milik Pemkab Kutai Kartanegara dan masyarakat sangat antusias dengan adanya kerjasama ini.

“Awalnya, kami menempatkan residen senior dari 7 prodi yaitu penyakit dalam, anak, bedah, Obgyn, Radiologi, Patologi klinik, dan anestesi. Residen senior merupakan residen kategori mandiri. Alhamdulillah tahun ini tinggal 3 prodi yang direncanakan akan lanjut yaitu anestesi, obgyn, dan patologi klinik karena 4 jenis spesialis lainnya telah tersedia,” ungkap Prof Haerani, dalam rilisnya, Senin (27/6/2022).

Keberadaan dokter spesialis di RS Dayaku, lanjut Prof Haerani, dapat membantu peningkatan pelayanan bagi masyarakat di Kota Bangun. Diketahui lokasi Kota Bangun sendiri tidak jauh dari lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara.

Tim dari FK Unhas dipimpin langsung oleh Dekan FK Unhas diikuti tim dari Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), yaitu Dr. dr. Tenri Esa, Sp.PK (Patologi Klinik), Dr. dr. Andi Takdir Musbah, Sp.An-KMN (Anestesi), Dr. dr. St. Aizah Lawang, Sp.A(K) (Anak), dr. Syahruni Syahrir (Obgyn), dr. Rafikah Rauf, Sp.Rad(K) (Radiologi), dr. Akhyar, Sp.PD-KGH (Penyakit Dalam) dan dr. Ichwan, Sp.B, KBD (Bedah).

Pemkot Makassar