Kelompok KKN Pancaniti UNUSIA Jakarta mengadakan Edukasi Roasting Kopi

Oleh:
Taufik Abdillah
Jurusan Teknologi Agroindustri. Universitas Nahdatul Ulama Indonesia (UNUSIA)
Penaggungjawab Kelompok: Divisi Ekonomi

Online24jam, Jakarta Timur, – Edukasi Roasting Kopi merupakan program kerja Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UNUSIA (Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia). Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Praktisi Kopi yang berasal dari Jakarta Timur dan Sahabat Roaster Muhammad Rully Ibrahim.

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelas jauh Kampung Mulyasari, Desa Sukamulya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. Sabtu, 30 Juli 2022. Dengan tujuan Edukasi Roasting tersebut adalah supaya petani kopi kampung mulyasari mampu meroasting dengan baik dan memunculkan rasa asli dari biji kopi tersebut. Demikian disampaiakan Taufik Abdullah selaku penanggungjawab Kelompok Divisi Ekonomi.

“Kelompok KKN Pancaniti ini adalah merupakan Divisi Ekonomi. Dan untuk diketahui, Kopi Mulyasari ini tidak hanya nikmat di minum tetapi juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi” Tutur Taufik Abdillah.

Senada dengan hal itu, Waluyo selaku Ketua Kelompok Tani dan Pemilik Kebun Kopi juga sangat mengapresiasi Edukasi Roasting yang diadakan oleh Kelompok Pancaniti, harapannya petani kopi dan masyarakat mulyasari bisa memanfaatkan Tanaman kopi mereka yang berada di kebun milik masing-masing.

“Saya sangat berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah menyelenggarakan edukasi ini, saya berharap tidak hanya manfaat saja yang dijelaskan tapi juga dijelaskan bagaimana cara meroasting dan packing dari Hasil roasting Kopi” Tutur Waluyo.

Dari pemaparan itu pula dijelaskan, dari salah satu hasil olahan kopi mulyasari. Menurut data yang ada kopi Mulyasari dalam kurun tahun 2021-2022 dapat menghasilkan kisaran 10 ton/tahun.

Pemkot Makassar