Bahas Persoalan Kemajuan Wisata, Pemprov Sulsel Ajak “NGOPI” Seluruh Stakeholder

NGOPI (Ngobrol Pariwisata Indonesia) di Taman Gedung Mulo Pemprov Sulsel di Jalan. Jend. Sudirman.

Online24jam, Makassar, – Disbudpar Sulsel menggelar diskusi santai yang membahas tentang isu hangat di sektor pariwisata dengan cara “NGOPI”. NGOPI singkatan kata dari Ngobrol Pariwisata Indonesia yang digelar dibawah pohon Ketapang Kencana di Taman Gedung Mulo di jalan Jenderal Sudirman. Kamis (11/08/2022).

Sebagai langkah awal, dibahas isu tentang kenaikan harga tiket pesawat dan pengaruhnya bagi pariwisata sulsel. Dengan menghadirkan Ketua ASITA , Ketua PHRI, Ketua GIPI, anggota BPPD SULSEL, Ketua SMSI Rasid Alfarisi, Para Ka Bid lingkup Disbudpar Sulsel dan Media. Dalam diskusi tersebut bertindak selaku moderator adalah Sekdis Pariwisata Sulsel, Devo Khaddafi.

Dalam diskusi itu, Ketua ASITA Sulsel, Didi Leonardo Manaba menjelaskan bahwa akibat kenaikan harga tiket pesawat, cukup banyak para calon wisatawan yang membatalkan atau mengatur ulang rencana berwisata ke Sulsel.

“Dampak kenaikan harga tiket membuat sejumalh wisatawan mancanegara terpaksa membatalkan ke Makassar.” Ujarnya.

Senada dengan itu Ketua PHRI, Anggiat Sinaga juga menjelaskan sejak bulan Juli banyak kegiatan yang rencananya dilaksanakan di hotel terpaksa dibatalkan atau di reschedule karena pengaruh kenaikan harga tiket. Bahkan menurutnya pihak hotel sampai harus ke Jakarta untuk melakukan konfirmasi kembali kegiatan tersebut tapi tak jarang belum mendapatkan jawaban yang menggembirakan.

Untuk itu, Kata Devo, beberapa langkah yang dipersiapkan oleh Disbudpar Sulsel antara lain akan memperbanyak event kembali untuk menarik wisatawan. Adapun langkah bersama yang ditempuh adalah dengan terus berpromosi bersama seluruh stakeholder dan akan meminta kepada pihak Kementrian agar memberikan dukungan bagi kegiatan G20 yang di laksanakan di kota Makassar.

“Kami sangat berharap dari diskusi yang ringan ini akan melahirkan sebuah langkah kecil namun kongkrit bagi pergerakan industri Pariwisata di Sulsel ” Ujarnya.

Diskusi ini cukup menarik dan berjalan santai tapi seru. Adapun tujuan diadakan acara ini sebagai sebuah wadah bertukar informasi dan mencari solusi bagi setiap isu hangat yang berkembang di masyarakat khususnya yang berada disektor kepariwisataan. Rencananya diskusi NGOPI akan dilakukan setiap ada isu yang hangat untuk dibahas oleh para stakeholder Pariwisata Sulsel.

Pemkot Makassar