Fakultas Vokasi Unhas Gelar Sertifikasi Kompetensi untuk Mahasiswa

News, Regional27 Views
banner 468x60

Online24, Makassar  – Program Studi Teknologi Produksi Ternak, Fakultas Vokasi, Universitas Hasanuddin menggelar Sertifikasi Kompetensi Mandor Farm Unggas Pedaging untuk 25 mahasiswa.

Sertifikasi mahasiswa ini bertujuan untuk memberikan legitimasi kompetensi kerja mahasiswa, dalam bidang peternakan dan implementasi pencapaian impelemetasi Indikator Kinerja Utama (IKU) UNHAS.

Kegiatan Prodi Vokasi yang berlokasi di Kampus Unhas Sidrap ini, dilaksanakan bekerjasama Tempat Uji Kompetensi (TUK) LSP-PI Fakultas Peternakan UNHAS dan Pusat Sertifikasi Profesi/LSP UNHAS

Pelaksanaan sertifikasi berlangsung di Kampus Unhas Tamalanrea, Sabtu (20/8/2022).

Dekan Fakultas Vokasi Unhas Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP. dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pentingnya sertifikasi ini sebagai bekal bagi mahasiswa dalam pelaksanaan pendidikan vokasi untuk menyiapkan karir di dunia usaha dan dunia industri.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof. Dr. drg. Muhammad Ruslin, Sp.BM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa salah satu pencapaian pembelajaran untuk mahasiswa vokasi adalah mahasiswa memiliki sertifikat kompetensi melalui uji kompetensi yang dilaksanakan oleh LSP BNSP.

Lebih lanjut Prof Ruslin berharap kegiatan uji kompetensi bagi mahasiswa ini terus dilaksanakan dengan skema kompetensi yang lain sebagai salah satu jaminan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan UNHAS.

Turut hadir juga Kepala Pusat Sertifikasi Profesi/LSP UNHAS Ir. Mukti Ali, ST, MT., Ph.D menyampaikkan bahwa Unhas telah mempersiapkan pembentukan LSP Universitas Hasanuddin yang saat ini dalam proses untuk diusulkan ke BNSP agar mendapatkan lisensi.

Kepala TUK LSP Peternakan Indonesia (LSP PI) Fakultas Peternakan Prof Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu, M.Si. IPU, ASEAN Eng dalam laporannya bahwa TUK LSP PI sebagai pelaksana uji kompetensi ini berlangsung tanggal 20-21 Agustus 2022 dengan melibatkan tiga orang asesor kompetensi.

Di akhir kegiatan Ketua Program Studi Teknologi Produksi Ternak Dr. Ir. Zulkharnaim, M.Si. IPM. menuturkan bahwa ditahun ketiga prodi ini bersyukur sudah ada mahasiswa yang telah mendapatkan sertifikat sebelumnya ada skema Budidaya Ternak Ruminansia Pemula kemudian saat ini skema Mandor Farm Unggas Pedaging.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti ujian kompetensi ini, Arkhab Abiyyu, menyampaikan sertifikat kompetensi sangat mendukung studi kami, sebelumnya kami sudah pernah magang di perusahaan pembibitan ayam pedaging selama 2 bulan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *