Tinjau Masjid Jakarta Islamic Center, Jusuf Kalla Minta Rehabilitasi Secepatnya dilakukan

News1 Views
banner 468x60

ONLINE24, Jakarta, – Ketau Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat, Jusuf Kalla (JK) meninjau kondisi terkini Jakarta Islamic Centre (JIC), pasca musibah kebakaran yang terjadi pada kubah masjid tersebut, pada Rabu, (19/10/2022) lalu.

Dalam peninjauan tersebut, JK didampingi oleh ketua DMI DKI Jakarta Ma’mun Al ayubi serta Kepala Sekretariat Masjid JIC, Zulkifli Said.

Usai meninjau kondisi masjid tersebut, JK mengharapkan agar JIC segera dilakukan rehabilitasi secepat-secepatnya. “Masjid ini sangat luar biasa, kompleknya yang sangat luas, dan kegiatannya juga luar biasa. Jadi sebaiknya direhabilitasi secepat-cepatnya,” tegas JK, di Masjid JIC, Koja, Jakarta Utara, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Berdasarkan hasil kunjungan itu juga, JK bersama DMI DKI Jakarta serta pengurus Masjid JIC membahas banyak hal bagaimana proses rehabilitasi dilakukan. Menurut JK, semua pihak harus berkolaborasi untuk melakukan perbaikan masjid tersebut.

“Tentu saja pemerintah daerah setempat akan memfasilitasi, sebab ini adalah milik Pemda, juga melibatkan masyarakat serta pengurus,” tambah Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 tersebut.

“Dan menurut panitia, ini (rehabilitasi) sekitar 6 bulan yah InsyaAllah bisa selesai,” imbuhnya.

Sejauh ini, kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait musibah kebakaran tersebut. Namun berdasarkan kronologis yang disampaikan Kepala Sekretariat Masjid JIC, Zulkifli Said, kepada JK, musibah tersebut terjadi ketika pekerja bangunan sedang merenovasi kubah masjid.

Dalam renovasi tersebut, para pekerja menggunakan bahan tripleks yang mudah terbakar. Saat itu, ketika ingin memasang tripleks di atas masjid, pekerja melelehkan membran dengan menggunakan alat bakar.

Saat melelehkan membran, muncul percikan api dan menyambar tripleks. Alhasil, tripleks tersebut menimbulkan api cukup besar dan membuat bangunan kubah Masjid Islamic Centre ludes terbakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *