Gelar Panen Raya di Sulsel Kementan Pastikan Stok Beras Aman selama Ramadhan

banner 468x60

Online24Maros — Memastikan ketersediaan bahan pangan pokok aman dan terkendali, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Jan S Maringka lakukan pengawalan panen raya padi. Pengawalan tersebut berlangsung di kawasan pertanian Taroada, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (5/3/2023).

Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Jan S Maringka mengungkapkan, pemantauan pangan hari ini untuk mengecek ketersediaan padi di Sulawesi Selatan.

“Sulsel ini salah satu lumbung beras di kawasan Indonesia Timur, apalagi di Maros,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, Berdasarkan data ATAP tahun 2022, jumlah produksi gabah mencapai 5,36 juta ton GKG atau jika dikonversikan menjadi beras, mencapai 3,08 juta ton.

“Hal tersebut mengalami kenaikan sebanyak 154.700 ton atau sekitar 5,29 persen dari produksi beras 2021,” sebutnya.

Berdasarkan pantauanya, Jan memastikan panen raya bulan Maret, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan cukup signifikan.

“Kita bisa lihat di Kabupaten Maros sendiri, untuk produktivitas bisa mencapai 5,2 ton per hektar dari total area panen seluas 12.420 hektar,” tuturnya.

Jan menambahkan, Berdasarkan hasil yang signifikan ini, Kabupaten Maros menjadi salah satu sentra penyumbang stok beras nasional khususnya di Sulawesi Selatan.

“Saya berani pastikan stok beras jelang Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan aman,” ujarnya.

Jan bersama Kelompok Tani Sipattuju terpantau ikut turun langsung memanen padi menggunakan alat pasca panen Combine Harvester.

Sementara itu, Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, luas lahan di kabupten Maros 237.535 hektar are sawah.

“Untuk hari ini ada sekitar 40 hektar are yang diberlangsungkan panen raya bersama Kementerian Pertanian yang dimana Kecamatan Turikale mempunyai lahan persawahan sekitar 100 hektar sawah, jadi ini kecamatan kota yang tetap mempertahankan lahan sawahnya,” katanya.

Chaidir juga menjelaskan, Kabupaten Maros juga mempunyai Peraturan Daerah (Perda) Pertanian.

“Jadi alhamdulillah kita juga sudah punya perda berkelanjutan, dan inilah tugas kita untuk menjaga tetap luasan lahan-lahan pertanian kita,” ujarnya.

Selain padi, kata Chaidir Syam, di Kabupaten Maros juga terdapat Komuditi Jagung serta ada 5.000 Petani Milenial yang dilatih.

“Kementerian Pertanian juga telah membantu dalam program YES untuk mewujudkan petani-petani milenial dan sudah 5.000 pemuda-pemuda kita yang dilatih kementerian dan kabupaten maros,”jelasnya.

Selain itu, Mantan Ketua DPRD ini juga menyampaikan, antisipasi Pemerintah Kabupaten Maros terkait harga panen yang anjlok.

“Dua minggu lalu harga gabah kita 5.300 hari ini 4.800, ini kita sampaikan ke pak Irjen soal fluktuasi semoga BULOG bisa menstabilisasikan untuk harga panen kita,” tutupnya.

Kepala Kelompok Tani Taroada, Baso Hasan sangat senang dengan kedatangan Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian.

“Alhamdulillah, kami sudah mendapat support yang sangat baik dari pemerintah daerah. Beberapa bantuan juga sudah tersalurkan kepada kami, seperti peralatan alsintan traktor,” ungkap Baso.

Meskipun begitu, Baso masih berharap bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk traktor roda empat. Bantuan alat ini harapnya sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani

“Sebelumnya kami sudah dapat bantuan traktor roda 2. Kami berharap,untuk pengolahan tanah awal, bisa dapat bantuan traktor roda 4 ini untuk menghemat biaya juga,” ujarnya.

Untuk stok pupuk sendiri ungkap Baso, di Kabupaten Maros masih dapat diperoleh dengan mudah. Harganya pun terbilang aman, yakni sekitar Rp120 ribu per sak.

“Pupuk aman, hanya saja kami mengalami penurunan produksi akibat hujan belakangan ini. Biasanya 7,7 ton per hektare, namun hasil panen beberapa hari lalu hanya berkisar 7 hingga 7,2 ton per hektar,” jelasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *