Wujudkan Kesiapan Operasi Militer, Personil TNI Lanud Hasanuddin Mengikuti Latihan Striti Gesit 2023

Nasional, News2 Views
banner 468x60

Online24,Maros,-Sebanyak 511 prajurit gabungan TNI Angkatan Udara Lanud Sultan hasanuddin mengikuti latihan Striti Gesit Tahun 2023.

Latihan ini dibuka secara resmi oleh Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI David Yohan Tamboto ditandai dengan penyematan tanda peserta latiha, bertempat di Markas pangkalan udara TNI AU Lanud Hasanuddin, Selasa 07 Maret 2023.

Dihadapan awak media, Danlanud Sultan Hasanuddin mengatakan tujuan dari latihan ini untuk Meningkatkan Kemampuan dan kesiapan operasional satuan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AU.

“ Latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan, memelihara dan menguji kemampuan satuan TNI AU agar setiap satuan mampu menciptakan kerjasama dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas operasi,”ungkap Marsma TNI David Yohan.

Dalam sesi latihan ini, Danlanud Sultan Hasanuddin mengungkapkan jika Sriti Gesit merupakan latihan yang sangat penting bagi seluruh prajurit di satuan yang dipimpinnya.

”Latihan ini merupakan perwujudan dari upaya pemantapan keterampilan dan profesionalisme, baik secara perorangan maupun satuan di jajaran Lanud Sultan Hasanuddin,” ucapnya.

Selain itu, melalui penyelenggaraan latihan ini, disampaikan bahwa dapat menjadi tolak ukur dari proses pembinaan yang telah dilaksanakan secara berjenjang, bertahap, bertingkat dan berlanjut selama ini, sekaligus menguji prosedur tetap yang dimiliki untuk mengetahui kadar efektifitasnya dalam penanganan suatu situasi atau permasalahan.

Selanjutnya, Danlanud juga menekankan pentingnya faktor Safety dalam pelaksanaan latihan karena merupakan salah satu indikator keberhasilan suatu kegiatan, baik operasi maupun latihan seperti yang dilakukan saat ini.

Sementara itu, sebelumnya Danwing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel Pnb David Ali Hamzah, selaku direktur latihan saat membacakan rencana latihan dihadapan Danlanud menyebutkan bahwa latihan yang dilaksanakan berupa gladi posko dan manuver lapangan.

Kemudian latihan yang digelar selama 2 hari ini, melibatkan berbagai instansi, mulai dari satuan kerja dijajaran Lanud Sultan Hasanuddin, Kosek II, Kopasgat, kantor SAR Makassar, PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanudin hingga AirNav Indonesia dan Otoritas Bandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *