Musrenbang Bappeda Makassar Diharap Lahirkan Program Prioritas Pembangunan

Dukcapil Makassar

Online24, Makassar – Kepala Bappeda Kota Makassar, Helmi Budiman mengungkapkan tujuan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2024.

Menurutnya, tujuan pelaksanaan  Musrenbang RKPD adalah untuk membahas rancangan RKPD dalam rangka  menyekapati permasalahan pembangunan daerah dan prioritas pembangunan daerah Kota Makassar.

“Menyekapati program kegiatan sub kegiatan panggung indikator dan target kinerja satgas operasi pelaksanaan kegiatan, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dalam sepadan prioritas pembangunan provinsi,” tuturnya di Hotel The Rinra, Kamis (16/3/2023).

Output yang diharapkan dari pelaksanaan Musrenbang, kata Helmi, adalah menyakapati penyelarasan serta klarifikasi program dan kegiatan yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang dengan program dan kegiatan atau sub kegiatan RKPD.

“Kegiatan berita acara kesepakatan hasil Musrenbang RKPD tahun 2024 yang kemudian akan di tanda tangani pemangku kepentingan,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Kota Makassar M Ansar menyampaikan, tahun 2024 kota tangguh menjadi prioritas Pemkot.

Hasil musrembang ini akan ditindak lanjuti untuk mempertajam program yang akan dijalankan di tahun mendatang.

“Resiliensi itu berkaitan dengan semua sektor, bukan hanya ekonomi tapi sektor lain juga seperti pendidikan, kesehatan, hingga SDM,” tandasnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa kegiatan Rakorsus kemarin iharus jadi input bagi Kota Makassar yang nantinya masuk juga di RKPD 2024

“Secara keseluruhan Bappeda berfungsi untuk evaluasi program di tingkat kota itu akan menjadi pertimbangan RKPD tahun 2024,” pungkasnya.

Pemkot Makassar