Untuk Pertama Kali, BI dan Pemprov Sulsel Canangkan Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS)

Dukcapil Makassar

Online24jam, Makasaar, – Bank Indonesian (BI), Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan yang pertama di Indonesia menjadi daerah yang mencanangkan zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS). Kegiatan ini digelar di Kawasan CPI, Makassar, (03/04/2023).

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya mengatakan, adengan pencanangan Zona KHAS ini diharapkan dapat merebut pangsa pasar industri halal dunia serta dapat mengupgrade standar sertifikasi usaha kita.

“Kita ini membangun zona khas sesuai arahan pak presiden. Zona ini untuk merebut pasar industri halal dunia. Karena kita ingin mengupgrade standar sertifikasi kita. Dengan pencanangan zona KHAS ini, merupakan hal yang baru bagi perkembangan industri halal di Provinsi Sulawesi Selatan, ” Jelasnya.

Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Causa Iman Karana mengatakan, sebagai bagian dari Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Indonesian harus punya produk halal.

“Pelaksanaan Fesyar KTI ini sebagai upaya sinergi Bank Indonesia (BI) dengan stakholder terkait dalam mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah. Salah satunya dengan mendorong kawasan wisata syariah dan produk-produk halal.” ujarnya.

Dalam program ini terdapat tiga kegiatan utama yang dilaksanakan. Mulai dari peluncuran zona KHAS Lego-Lego, pelepasan ekspor halal, penyelenggaraan showcasing produk modest fashion pada kegiatan Trend Hijab x IN2MOTIONFEST, dan pelaksanaan pelatihan pelaku usaha halal.

Peresmian tersebut dilakukan sebagai salah satu rangkaian Pekan Ekonomi Syariah (Pesya. Dilaksanan 20 Maret hingga 15 April 2023

Pemkot Makassar