Truk Pengangkut Beras Terbalik di Mallawa, Polisi Gerak Cepat Evakuasi Korban dan Bangkai Kendaraan

News, Peristiwa56 Views
banner 468x60

Online24, Maros, — Sebuah Truk Roda Enam dengan Nomor Polisi DC 8214 LC yang memuat ratusan ton beras mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Nasional Poros Maros-Bone, tepatnya di Desa Pada elo, Kecamatan Mallawa, pada Kamis siang, (11/05/23).

Mobil yang diduga melaju dengan kecepatan tinggi ini mengalami kecelakaan setelah sangat supir tak bisa menguasai laju kendaraannya, hingga mobil keluar jalur dan terbalik nyaris terjun ke jurang.

Mendapat laporan masyarakat, petugas Kepolisian Sektor Mallawa yang dipimpin Kapolsek Iptu Syarifuddin Mado langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi kendaraan dari badan jalan.

” Jadi kejadiannya itu sekitar pkl 11:30 Wita, kami mendapat laporan dari masyarakat setempat terkait adanya kecelakaan truk akibat Out Of Control, ” jelas Iptu Syarifuddin.

Saat tiba di lokasi petugas kepolisian dibantu warga lalu berusaha melakukan evakuasi manual, proses pemindahan badan truk ini pun gagal lantaran truk tersebut membuat ratusan karung beras.

Petugas lalu mencari opsi lain untuk mengantisipasi semakin penumpukan kendaraan dari dua arah berlawanan.

” Awalnya Kita coba evakuasi manual sayangnya gagal, truknya nyaris masuk ke jurang jadi kita pake cara lain, ” ucapnya.

Berbagai cara dilakukan petugas demi mengevakuasi kendaraan truk tersebut,
, berselang beberapa jam kemudian, salah satu petugas polisi lalu meminjam alat berat untuk digunakan dalam mengevakuasi bangkai kendaraan mobil tersebut.

“Karena evakuasi secara manual tidak berhasil kita lalu mencari Alat Berat hingga ke wilayah Camba dan alhamdulillah kami dapat, akhirnya kita evakuasi dengan alat berat,” ujarnya.

Setelah berjuang selama 4 jam, truk nahas ini pun berhasil dievakuasi menggunakan alat berat, sempat terjadi kemacetan, namun petugas kepolisian berhasil mengurai.

” Alhamdulillah kita dibantu masyarakat berhasil mengevakuasi kendaraan yang nyaris jatuh ke jurang, hampir 5 jam kita berjuang,” terang Mantan Kanit Turjawali Polres Pangkep ini.

Kapolsek menambahkan penyebab utama laka tunggal tersebut akibat supir mengantuk dan tidak bisa menguasai laju kendaraan miliknya, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, supir hanya luka ringan.

“Kendaraan melaju dengan kecepatan sedang, di duga akibat sopir mengantuk kemudian oleng ke kiri dan terguling ke kiri,”tambahnya.

Petugas Kepolisian pun menghimbau kepada pengguna jalan agar selalu berhati-hati saat berkendara, mengutamakan tertib berlalulintas dan jika mengantuk agar mengusahakan untuk beristirahat sejenak di rest area yang tersedia disepanjang jalur trans Sulawesi, Maros-Bone.

dan setelah menemukan kembali mengawalnya ke TKP untuk di lakukan Evakuasi.

KaPolsek memimpin penangan Laka Lantas di Poros Mallawa Tompoladang,

Pada hari Kamis 11 Mei 2023, sekitar Pukul 11.30 wt, etelah menerima laporan dari masyarakat adanya Laka lantas, selanjutnya Kapolsek malalwa terjun langsung bersama anggotanya kanit provos polsek mallawa Aiptu Agus Russa, dan bhabinkamtibmas desa padaelo Bripka membantu warga meng’evakuasi Mobil yang mengalami (OC) out of control sehingga Terguling di pinggir jalan dan hampir turun ke jurang

Satu unit kendaraan R6 jenis truck hino dengan No Pol DC 8214 TC yang Terguling ke dipinggir Jalan poros maros – bone, di dusun posso desa padaelo kamis (11/05/2023).

Polsek mallawa Polres maros membantu evakuasi Satu unit mobil yang terguling dikarenakan salah satu ban mobil truck sebelah kiri turun di pinggir badan jalan sehingga terbalik dan hampir terjun ke jurang ucap kapolsek mallawa iptu syarifuddin mado S.Psi

Karena evakuasi secara manual tidak berhasil sehingga Kapolsek Mallawa mencari Alat Berat hingga ke wilayah Camba dan setelah menemukan kembali mengawalnya ke TKP untuk di lakukan Evakuasi.

Hingga pukul 16.00 wt proses evakuasi berhasil dan selama proses evakuasi dua Arah arus Lalu lintas di tutup hingga rampung Prose evakuasi nya selanjutnya di buka untuk arus lalu lintas.

“Kendaraan melaju dengan kecepatan sedang, di duga akibat sopir mengantuk kemudian oleng ke kiri dan terguling ke kiri,” jelasnya.

mobil tersebut membawa atau memuat beras dan alhamdulilah tidak ada yang terluka ,Proses Evakuasi Kendaran yang Terguling aman terkendali namun arus lalu lintas mengalami perlambatan ucap bripka basir bhabinkamtibmas desa padaelo pada saat di TKP

“Setelah berhasil di evakuasi, selanjutnya arus lalu lintas dua arah kembali di buka hingga saat ini arus lancar.

Dalam kejadian OC tsb Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan hanya kerugian Matril saja. Dan saat ini BB sudah diambil oleh pemililnya. (Achmad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *