Desa Maipi Resmi Dicanangkan sebagai Kampung Siaga Bencana

Regional16 Views
banner 468x60

Online24 Makassar – Desa Maipi Kecamatan Masamba resmi dicanangkan sebagai Kampung Siaga Bencana.

Hal itu setelah dilaksanakan Apel Pengukuhan dan Uji Simulasi Kampung Siaga Bencana (KSB) dalam rangka kesiapsiagaan dan mengatasi bencana di  Kamis (22/6/2023) yang dipimpin langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Kampung Siaga Bencana merupakan bagian entitas dalam sebuah masyarakat yang memiliki peran penting dalam upaya penyelenggaraan penanggulangan bencana alam Indonesia.

“Selain kampung siaga bencana, melalui Peraturan Bupati, di Luwu Utara telah terbentuk 86 Desa Tangguh Bencana (Destana) atau dikisaran 48,6 % dari jumlah desa yang ada di Luwu Utara dan Insya Allah tahun 2023 ini kami akan tuntaskan,” kata Indah.

Bupati yang karib disapa IDP ini mengatakan, kampung siaga bencana yang dilakukan di Desa Maipi ini diharapkan mampu memotivasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam penanggulangan bencana baik sebelum, saat, dan setelah terjadi bencana.

“Apa yang kita lakukan melalui kampung siaga bencana ataupun desa tangguh bencana untuk menyiapkan masyarakat kita sebagai bentuk mitigasi non struktural oleh pemerintah yaitu kempampuan dan pemahaman dan kapasitas yang dimiliki masyarakat. Ketika masyarakat sudah paham potensi bencana yang ada di wilayahnya, maka sudah pasti pengurangan resiko bencana akan terjadi. Sebab tang menjadi target kita adalah zero victim atau tidak ada korban jiwa,” jelas IDP.

Lebih lanjut,  isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI yang telah menempatkan kegiatan tersebut di Luwu Utaraz

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Sosial RI melalui Bapak Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI karena kegiatan ini hanya ada dua di Indonesia di Ciamis dan di Luwu Utara dan ini adalah kali ketiga  diberikan kepercayaan, setelah sebelumnya kita laksanakan di Desa Kamiri Kecamatan Masamba dan Desa Pao Kecamatan Barat. Dan hari ini diselenggarakan di Desa Maipi Kecamatan Masamba,” tutur IDP.

Sementara itu, Plt Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana alam (PSKBA) Kemensos RI, Adrianus Alla mengatakan, Kementrian Sosial menyiapkan beberapa program untuk disalurkan di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Selain pembentukan KSB pada hari ini juga  diserahkan bantuan Lumbung Sosial di Desa Maipi dan 2 lainnya yaitu Beringin Jaya dan Limbong Wara senilai Rp.394.922.600,” terang Adrianus.

Diketahui kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Sosial dari beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *