Panggung APEKSI 2023 Makassar, Satukan Keanekaragaman Budaya Seluruh Kota Se Indonesia

Regional13 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Hari ke tiga pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menghadirkan Pawai Budaya Nusantara sebagai salah satu rangkaian kegiatan.

Mengangkat tema “Indonesia Maju, Indonesia Kita Kuat” Pawai Budaya Nusantara Apeksi diikuti 56 kota dan digelar tepat di depan Anjungan City of Makassar, Pantai Losari, Rabu malam (12/7/2023).

Panggung ini menyatukan seluruh keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto nampak sangat bahagia dengan pagelaran tersebut. Ia pun sangat mengapresiasi semangat para perwakilan kota yang mempersiapkan pawai budaya dengan sangat baik.

“Hari ini kita melihat antusias seluruh kota di Indonesia yang memperkenalkan budayanya di panggung Apeksi Makassar ini. Ini bukti meskipun kita berbeda-beda Indonesia akan maju kalau kita bersatu dalam keanekaragaman yang kita punya,” ucap Danny.

Sementara, Ketua APEKSI sekaligus Wali Kota Bogor, Bima Arya tak henti-hentinya memuji Danny karena telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik.

Dia menyebutkan, Ini bukti tuan rumah Kota Makassar sangat siap dari jauh hari menyambut seluruh rangkaian kegiatan agenda nasional APEKSI 2023.

“Terima kasih banyak. Makassar memang selalu beda dan persiapannya luar biasa. Satu kali setahun kita kumpul bersama, satu tahun sekali kita memboyong warga dan opd masing-masing kota untuk mengikuti APEKSI. Hari ini di Makassar sangat keren,” ungkap Bima.

Tercatat, Pawai Budaya Nusantara ini menampilkan talent atau pengisi acara berjumlah sekitar 600-800 orang.

Masing-masing perwakilan kota berjalan sepanjang 1 Km di Jalan penghibur sambil menampilkan berbagai tarian dan pakaian adat khas masing-masing daerah.

Parade budaya diawali dengan pawai dari tuan rumah, yakni Kota Makassar dengan menampilkan pertunjukan marching band oleh Satpol PP Kota Makassar.

Pawai dipimpin langsung oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, serta sajian tarian daerah khas kota Makassar yang ditampilkan ratusan penari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *