Jusuf Kalla Dorong Pondok Pesantren Lahirkan Generasi Yang Tak Hanya Menguasai Ilmu Agama

Regional37 Views
banner 468x60

ONLINE24, Barru, – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK) mengingatkan agar pondok pesantren tidak hanya menguasai pendidikan agama. Santri yang belajar di pondok pesantren harus ditempa untuk menguasai enterpreneur dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kita pasti sudah sangat tahu jika santri itu menguasai ilmu agama tapi saat ini, tidak cukup hanya dengan ilmu agama. Tapi juga ilmu lainnya seperti berdagang dan pengetahuan lainnya,” kata JK saat menyampaikan sambutan dihadapan keluarga besar Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu, 2 Agustus 2023.

JK mengingatkan bahwa salah satu ketertinggalan umat Islam di Indonesia saat ini adalah sektor ekonomi. Sehingga JK mendorong, pondok pesantren harus bisa menjadi jalan menciptakan generasi dari umat yang bisa mengejar ketertinggalan tersebut.

“Salah satu yah, harus mempersiapkan generasi santri yang menguasai agama dan enterprenership. itu adalah salah satu jalan dan semangat mengamalkan sunnah Rasulullah SAW dengan berdagang,” tambah JK lagi.

Selain itu, pondok pesantren juga harus menyiapkan para santri untuk menguasai bidang pertanian, perkebunan, pertambangan, membuat kerajinan yang baik dan sektor lainnya. Bagi JK, pondok pesantren harus menjadi pelopor dalam menggerakkan perekonomian demi memajukan bangsa.

“Ini penting agar kita tidak ketinggalan lebih jauh. Kalau kita tidak sadari ini, maka kita akan lebih ketinggalan lagi,” ujar Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 tersebut.

“Kita harus produktif. Sebab tidak ada bangsa yang maju tanpa produktifitas dari warganya,” imbuhnya.

Lebih lanjut JK optimis, generasi santri yang menjadi ustas dan penceramah serta menguasai banyak pengetahuan akan menciptakan generasi Islam yang tangguh. Selain itu, mereka akan menjadi generasi yang mampu bersaing dan dapat memberikan kontribusi positif terhadap bangsanya.

“Santri ke depan jangan hanya berfikir menyampaikan ukhrawi saja tapi harus menjadi pelopor untuk bisa berfikir untuk kesejahteraan umat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan sama, JK ziarah ke makam AG KH Ambo Dalle di Mangkoso Kabupaten Barru Sulawesi Selatan. JK didampingi Bupati Barru Suardi Saleh dan Pimpinan Pondok Pesantren DDI Mangkoso AG Prof KH Faried Wajedi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *