Tiga Desa di Seko Terima Program Sanimas, IDP Komitmen Wujudkan Target SDGs

Regional25 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Tiga unit Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) dibangun di tiga desa di Kecamatan Seko.

Pembangunan sanimas tersebut diperjuangkan Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi melalui program aspirasi.

“Saya dapat laporan tiga unit sanimas ini masing-masing di Desa Marante, Taloto, dan Embonatana. Tiap sanimas dibangun masing-masing 25 unit Water Closet, tapi karena penyesuaian harga material yang berbeda dengan daerah dataran maka terbangun 13 unit,” kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat meninjau pembangunan sanimas di Dusun Sae Desa Embonatana pada kunjungan kerjanya di Kecamatan Seko, Senin (2/9).

Orang nomor satu di Luwu Utara ini mengatakan, sanimas tersebut dibangun sendiri oleh masyarakat dengan sistem swakelola.

Mewakili masyarakat, bupati yang karib disapa IDP ini pun menyampaikan terima kasih atas program aspirasi tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Muhammad Fauzi atas hadirnya program sanimas yang menjadi bagian untuk mewujudkan komitmen 100-0-100 SDGs (Suistainable Development Goals) atau tujuan pembangunan berkelanjutan yakni 100% akses layak air minum, pengurangan kawasan kumuh menjadi 0 persen, dan pemenuhan 100 persen akses sanitasi,” tutur IDP.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Desa Embonatana, Nirwan.

“Terima kasih Pak Fauzi, program ini sangat bermanfaat untuk warga kami. Terutama meningkatkan akses kebersihan, kesehatan lingkungan, sarana jamban dan penanggulangan pencemaran sumber air tanah,” terang Nirwan. (Rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *