Tokoh Perdamaian Aceh melakukan Napak Tilas Perundingan RI-GAM di Helsinki 2005

banner 468x60

ONLINE24, 18 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 15 Agustus 2005 telah tercatat sejarah baru Indonesia dengan ditandatanganinya Perjanjian Damai antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang dikenal dengan Perjanjian Helsinki. Perjanjiam Damai tersebut, mengakhiri konflik yang telah berlangsung hampir 30 tahun tersebut di Propinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Para tokoh yang terlibat langsung dalam suksesnya perdamaian di Bumi Serambi Mekkah tersebut, yaitu Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 M. Jusuf Kalla selaku tokoh kunci Perdamaian Aceh, Ketua Juru Runding Pemerintah RI Hamid Awaludin serta Ketua Juru Runding GAM Malik Mahmud, kamis 9 November 2023 sore waktu Helsinki, melakukan napak tilas tempat belangsungnya perundingan damai tersebut. Pelaku pelaku sejarah ini kembali bernostalgia mendatangi Koningsteidt, tempat mereka berunding, bernegosiasi mencari titik temu untuk perdamaian Aceh. Gedung pertemuan ini berupa rumah milik Pemerintah Finlandia yang letaknya sekitar 30 KM berada diluar kota Helsinki. Untuk mencapainya, dibutuhkan waktu perjalanan darat sekitar 1 jam sampai dilokasi itu.

Malik Mahmud, Ketua Tim Juru Runding Gerakan Aceh Merdeka (GAM), menceritakan bagaimana suasana jalannya perundingan ditempat tersebut. Saat putaran pertama perundingan dimulai yaitu 28 Januari 2005, di Koningsteidt sedang turun salju dan udara sangat dingin dimana suhu udara mencapai -7 derajat.

Para Tokoh Perdamaian Aceh tersebut, melihat satu-persatu ruangan demi ruangan yang digunakan untuk berunding selama 7 putaran, mulai dari putaran pertama tanggal 28 Januari hingga puncaknya ditandatangani Nota Kesepahaman Perdamaian Aceh tanggal 15 Agustus 2005. Tak hanya ke ruangan perundingan, mereks menapak tilas ruang istirahat, tempat makan para anggota juru runding dari kedua belah pihak serta mediator dari pihak CMI (Crisis Management Initiatif) yang saat itu diketuai oleh Mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari.

Ketua Perundingan Pemerintah RI dalam perundingan Helsinki, Hamid Awaludin, menjelaskan saat-saat kritis jalannya perundingan hingga nyaris menghadapi jalan buntu. Namun menurut Malik Mahmud, kepiawaian Almarhum Martti Ahtisaari meredam suasana menjadi cair kembali.

Sementara itu inisiator Perdamaian Aceh, Jusuf Kalla, menjelaskan bahwa selalu memantau langsung proses yang terjadi dalam jalannya perundingan melalui Hamid Awaludin. Meski jarak yang cukup jauh serta perbedaan waktu Jakarta dengan Helsinki berbeda 5 jam lebih lambat, mengharuskannya untuk tidur lebih lambat. Ketika terjadi hal yang krusial dalam perundingan, Jusuf Kalla selalu mengontak Hamid Awaludin dan almarhum Farid Husain serta mengontak Presiden Ahtisaari, untuk memberikan arahan agar proses perundingan berjalan lancar dengan hasil yang cukup memuaskan.

Setelah melakukan napak tilas proses perundingan RI-GAM di Koningsteidt, Jusuf Kalla bersama Hamid Awaludin dan Malik Mahmud, hari jumat 10 November 2023 siang akan menghadiri Prosesi Pemakaman Mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari yang merupakan Mediator Perundingan RI-GAM tahun 2005 serta Penerima Nobel Perdamaian Dunia tahun 2008. Martti Ahtisaari wafat pada tanggal 16 oktober 2023, dan prosesi pemakamannya hari ini dimulai dari misa di Gereja St. Nicholas atau yang lebih dikenal dengan Katedral Helsinki sampai dengan penghormatan terakhir kepada Almarhum di Kantor Pemerintahan Finlandia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *