Antisipasi Bencana Alam, Pemkab Maros Gelar Apel Kesiap Siagaan Bencana

Nasional, News14 Views
banner 468x60

Online24,Maros — Memasuki awal Desember, Pemerintah Kabupaten Maros menggelar apel kesiap siagaan bencana tahun 2023. Apel tersebut digelar di Lapangan Pallantikang Kantor Bupati Maros, Kamis (7/12/2023).

Bupati Maros, AS Chaidir Syam hadir langsung memimpin apel, didampingi Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari. Apel tersebut untuk mengecek sinergitas semua stakeholder dalam menghadapi kemungkinan dampak resiko terjadinya bencana.

“Kita tidak pernah menginginkan bencana terjadi, tetapi diharapkan kita bisa mengurangi atau meminimalisir dampaknya. Baik resiko bencana alam maupun bencana sosial,” ungkapnya.

Chaidir menekankan, untuk secara intens dan terpadu melakukan pelatihan terhadap personil yang akan ditugaskan. Juga melakukan pengecekan secara berkala terhadap seluruh peralatan penanganan bencana.

“Kedepan, saya mengajak seluruh unsur terkait lebih sering melakukan latihan bersama, kita tingkatkan SDM personil kebencanaan. Sehingga kita dapat mengevaluasi sejauh mana kemampuan dan efektivitas koordinasi kita di lapangan nantinya,” tekannya.

Usai apel, Chaidir juga turun langsung melakukan pengecekan seluruh peralatan SAR pada masing-masing instansi. Sangat penting sebut Chaidir, mengetahui lebih dini terkait kendaraan, peralatan, logistik dan perlengkapannya.

“Sehingga kita sudah siap turun ke lokasi untuk membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Semua peralatan kebencanaan kita cek apa siap pakai atau ada beberapa yang rusak,” sebutnya.

Personil yang terlibat dalam apel kesiap siagaan terdiri dari Kodim 1422 Maros, Polres Maros, Baznas Makassar, Satpol-PP dan Damkar, Bidang Perhubungan PUTRPP, PMI Maros, Tagana Maros, Pramuka Peduli, masing-masing Satu Pleton lengkap dengan Peralatannya. Juga ada Tiga Pleton Satgas BPD Maros lengkap dengan perlengkapan.

Selain itu, juga terlibat 5 orang dari Dinas Kesehatan, 5 orang dari Karang Taruna (SAR Sos Maros), 5 orang dari Baznas Siaga Bencana, 10 orang dari Maggala Agni. Serta 5 orang dari Abu Darda Maros, 5 orang dari IOF Maros, 10 orang dari GMBI Maros, 5 orang dari SAR Gabungan Maros, 5 orang dari Kurir Langit dan 5 dari LPA HPPMI Maros.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *