Cegah Wabah DBD dan Banjir, Kodim Maros Gotong Royong Bersihkan Drainase

Dukcapil Makassar

Online24,Maros– Kodim 1422 Maros menggelar Karya Bakti, dengan semangat gotong royong dalam membersihkan saluran drainase di kompleks Pasar Rakyat Barandasi, Kelurahan Maccini Baji, Kecamatan Lau, pada Kamis (07/12/2023).

Selain membersihkan saluran drainase, fogging atau pengasapan juga dilakukan di kompleks pasar.

Karya bakti bertemakan ‘Mencapai Indonesia Bersih Sehat dan Hijau’ ini, diselenggarakan sebagai upaya dalam mengantisipasi timbulnya jentik nyamuk penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan bahaya bencana banjir di musim penghujan.

“Dari dasar itu semuanya lah bapak Kasad serta bapak Panglima Kodam XIV Hasanuddin memerintahkan seluruh jajaran ambil bagian dalam mengatasi hal tersebut. Dalam hal ini Kodim 1422 Maros kami melibatkan semua unsur Forkopimda, semuanya kami libatkan dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut,” kata Dandim 1422 Maros, Letkol Arm Nikolas Sirilus.

Dalam pelaksanaannya, Kodim 1422 Maros bersinergi dengan unsur Polri, pemerintah kecamatan dan kelurahan serta puskesmas dan masyarakat. Dengan melibatkan 100 orang personil.

“Dengan adanya kegiatan ini akan mengurangi dampak sampah, dampak penyakit sehingga pekerjaan jual beli antara pedagang dan pembeli dapat berjalan dengan lancar sehingga situasi pasar disini kondusif. Dan juga supaya jentik nyamuk akan hilang dan akan berpengaruh pada kesehatan baik pedagang maupun pembeli,” terang Nikolas.

Iyapun berharap, seluruh masyarakat baik pedagang dan pembeli agar kedepannya tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat.

“Harapannya kami sampaikan kepada kepala pasar, ini juga menyampaikan edukasi supaya sampah jangan buang sembarangan. Kita sudah sediakan kontainer tempat sampah, manfaatkan lah ini untuk membuang sampah. Sehingga (tercipta) kondisi tidak hanya berpikir ekonomi saja tapi juga kesehatan,” ucapnya.

Selain itu iya juga berharap setiap permasalahan kedepannya dapat diatasi secara bersama melalui semangat gotong royong dan sinergitas.

“Dampak dari kegiatan ini semua selain dari pembersihan supaya sinergitas antara TNI Polri, Pemerintah Daerah semuanya jadi satu. Sinergitas itu paling penting untuk mengatasi masalah yang ada di wilayah kita masing-masing,” pungkasnya.(*)

Pemkot Makassar