Kunker ke Maros Kapolda Sulsel Resmikan Sarana Air Bersih

Nasional, News1331 Views
banner 468x60

Online24,Maros– Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan) Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Andi Rian R Djajadi melakukan kunjungan kerja formalnya di Kabupaten Maros.

 

Dalam kunjungan kerjanya ini, Rian menyempatkan diri untuk meresmikan sumber air bersih untuk masyarakat. Hal ini serangkaiam dengan menysmbut hari Bhayangkara ke 78 pada 1 juli mendatang.

 

“Ini merupakan kunjungan formal saya yang ketiga kalinya di Kabupaten Maros,” jelasnya.

Gambar : Kapolda Sulsel, Salurkan Bantuan Mesin Air ke Masyarakat

Dia menjelaskan, BMKG telah memprediksi puncak musim kemarau akan terjadi mulai juli hingga Agustus mendatang. Tapi ada juga yang memprediksi kemarau panjang ini masih akan terjadi hingga tahun 2025 mendatang.

 

“Karenanya untuk mengantisipasi hal tersebut, maka kita berada disini untuk menyediakan sumur bor dan melihat sumur bor yang telah dibuat. Diharapkan ini bisa digunakan secepatnya oleh masyarakat di Maros di wilayah ini,” ujarnya.

 

Dia menambahkan, pembuatan sumur Bor ini tidak hanya dibuat di Maros saja. Namun ada sekitar 32 titik pembuatan sumur bor di Sulsel.

 

“Di Maros ada empat titik, selebihnya dibuat di beberapa Kabupaten. Beberapa kabupaten ada yang dibuatkan dua titik, ada juga yang satu titik. Seperti Polrestabes Makassaar 2 titik, Kabupaten Sidrap 2 titik, Kabupaten Barru 2 titik, Kabupaten Pangkep 2 titik,” jelasnya.

 

Sementara itu, untuk Kabupaten Jeneponto, Luwu Timur, Luwu dan Toraja dibuatkan satu titik.

 

Dia menuturkan, umumnya sumur bor yang dibuatkan untuk masyarakat ini sedalam 48 meter. “Kecuali di Kecamatan Ujung Tanah, dibuat 100 meter, karena lokasinya yang dekat dengan laut, yang membuat airnya payau, ” jelasnya.

 

Kapolda menjelaskan, 32 titik sumur bor yang dibuat tersebut diprediksi mampu memenuhi kebutuhan air bersih sekitar 958 kepala keluarga, atau setara dengan tiga ribu jiwa.

 

“Diharapkan ini mampu membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih,” tuturnya.

 

Mengingat musim kemarau diprediksi akan sangat ekstrem, Mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini meminta setiap Polres di Sulsel menyediakan anggaran cadangan untuk membantu masyarakat menghadapi musim kemarau.

 

Tak hanya itu, dikesempatan ini juga Polda Sulsel membagikan dua ribu paket sembako, bakti kesehatan dan penanganan stunting.

 

“Untuk wilayah hukum Maros, kita melakukan bedah rumah untuk 5 warga di lima kecamatan yang berbeda. Serta di kesempatan ini juga Kapolres Maros memberangkatkan 5 orang warga Maros untuk umroh. Karena Kapolres memberikan hadiah Umroh, maka saya juga akan memberikan hadiah umroh untuk profesi penggali kubur dan pemandi jenazah,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *