Sekda Armiadi Minta Camat dan Kades Jadi Garda Terdepan Penyemprotan Disinfektan Mandiri

Editor : Andhika Bd

Online24, Luwu Utara -Sudah tiga hari Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melakukan penyemprotan disinfektan secara masif di sejumlah fasilitas layanan publik, rumah-rumah ibadah, Kompleks Perkantoran Gabungan Dinas, Kantor Bupati, Kantor DPRD, dan Kantor Instansi Vertikal lainnya.

Gugus Tugas yang dipimpin Sekda Armiadi, ini meliputi unsur Pemda, TNI, Polres, PMI, dan DMI. Hari pertama seluruh fasilitas layanan publik menjadi sasaran penyemprotan, kemudian di hari kedua Kantor Pemerintah, DPRD, Perbankan dan Intansi Vertikal. Hari ketiga kemarin, giliran rumah-rumah ibadah seperti masjid, gereja, dan pura menjadi sasaran penyemprotan.

“Penyemprotan disinfektan yang kita lakukan dalam tiga hari ini adalah dalam rangka mencegah covid-19. Hari ketiga, kita prioritaskan rumah-rumah ibadah seperti masjid, gereja dan pura, terutama yang ada jalan poros, dan insya Allah akan kita lanjutkan untuk rumah-rumah ibadah yang ada di luar jalan poros,” kata Sekda Armiadi, Senin (23/3/2020).

Armiadi berharap, untuk hari-hari berikutnya, dan yang akan datang, seluruh masyarakat harus bisa melakukan penyemprotan secara mandiri yang dikoordinasi langsung para Camat dan Kepala Desa setempat. Terkait bahan pembuatan disinfektan, Armiadi meminta warga untuk tidak khawatir, karena pemerintah daerah akan menyiapkannya.

“Kita harap ini nanti diikuti masyarakat secara swadaya bersama Camat dan Kepala Desa untuk melakukan penyemprotan mandiri. Terkait penambahan disinfektan, kita siapkan bahannya,” terangnya.  “Saya kira ini bisa kita lakukan secara rutin setiap minggu, atau paling tidak dua minggu sekali. Sekali lagi, tumpuan kita ada pada Camat dan Kepala Desa,” sambung Armiadi.

Masih Armiady, penyemprotan disinfektan untuk mencegah penularan covid-19 ini tidak akan berjalan baik tanpa ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk mengetahui betul urgensi dari penyemprotan disinfektan. “Sekali lagi, partisipasi masyarakat sangat kita harapkan. Utamanya juga dalam menciptakan pola hidup sehat dan bersih,” tandasya. (*)

[fbcomments]