Cuaca “Tidak Bersahabat” Nelayan Memilih Libur Melaut

Online24jam, Makassar, – Cuaca buruk yang berdampak pada tingginya gelombang laut membuat sejumlah nelayan di Makassar, menambatkan perahu mereka karena tidak berani melaut.

Diprediksi cuaca tak bersahabat ini akan terjadi selama sepekan terjadi peningkatan potensi hujan di beberapa wilayah.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi cuaca dan curah hujan dengan intensitas sebagai berikut:

Hari ini tanggal 04 Januari 2020 pada pagi hari Berpotensi hujan Ringan di wilayah Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Pangkep, Barru, Pare-pare, Pinrang, Watansoppeng, Sidrap, Takalar, Gowa, Makassar, Maros, dan Selayar.

Disiang hingga sore hari hujan ringan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Kecuali *Berawan* di wilayah Sengkang, Watansoppeng, Sidrap, Pinrang, Enrekang.

Malam hari berawan berpotensi hujan ringan di wilayah Takalar, Gowa, Makassar, Maros, Enrekang, Makale, Rantepao, Belopa, Selayar, dan hujan Sedang di wilayah Masamba, Malili, Palopo.

Dini Hari berawan berpotensi hujan Ringan di wilayah Selayar, Takalar, Gowa, Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Pare-pare, Pinrang, Watampone, Palopo, dan *Hujan Sedang* di wilayah Masamba, Malili, Belopa.

Perahu nelayan yang terparkir di bawah jembatan Barombong, Makassar, Sabtu (04-01-2020).

– *Suhu Udara* : 19 – 31 °C.
– *Kelembapan Udara* : 75 – 95 %.
– *Angin* : Barat – Barat Laut / 10 – 40 km/jam.
– *Peringatan Dini* :
*Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m)* terjadi di Perairan Pare-Pare, Perairan barat Kep. Selayar, Perairan Sabalana, Perairan timur Kep. Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, Perairan P. Bonerate – Kalaotoa bagian utara,
*Rough Sea (Gel. 2.5-4.0 m)* terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan P. Bonerate – Kalaotoa bagian selatan, Laut Flores bagian timur.
*Prakirawan – BMKG Makassar*
Dibuat: 04 Januari 2020, 06.00 WITA
http://www.bmkg.go.id

Suhu permukaan laut di sekjtar wilayah perairan yang cukup hangat sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan. Serta diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer yang signifikan.