Kala Teater Buka Kelas Teater Guna Meningkatkan Wawasan Tentang Perteateran

Online24jam, Makassar, – Salah satu program Kala Teater yang telah digagas sejak tahun 2019 adalah Kelas Teater. Kelas Teater merupakan program yang mendiskusikan pemikiran dan metode teater tokoh-tokoh teater Indonesia dan dunia.

Pada tahun ini, Kala Teater akan melaksanakan Kelas Teater selama 4 bulan, terhitung mulai bulan Januari hingga April 2020. Tokoh-tokoh yang akan dibahas antara lain, Robert Wilson, Sarah Kane, Suyatna Anirun, Richard Boleslavsky, William Shakespeare, Anton Chekhov, Saini Km, Tuti Indra Malaon, Asrul Sani, dan Ikranagara. Tokoh-tokoh tersebut akan dibahas oleh pemateri-pemateri yang sudah cukup lama bergelut dibidang seni yaitu Damar Tri A, Shinta Febriany, Yudhistira Sukatanya, Ram Prapanca dan beberapa narasumber lainnya.

Damar Tri A akan membawakan kelas pembuka yang membahas tokoh Robert Wilson pada 22 dan 23 Januari 2020. Damar Tri A merupakan dosen di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Sulawesi Selatan. Dia mendirikan Pusat Studi Estetika (PUSTIKA) dan baru-baru ini menerbitkan kumpulan esainya dalam buku Dialektika Seni, esai-esai ekstra-estetik. Tesisnya fokus membahas seni rupa pertunjukan.

The Sandman- Opera by Robert Wilson

Kelas Robert Wilson akan fokus membahas kerja seni rupa dalam karya Robert Wilson. Beliau adalah seorang sutradara dan perancang panggung asal Amerika yang disebut-sebut sebagai seniman teater paling penting di abad ke-20. Lebih dari enam puluh teater postmodern karyanya telah dipentaskan termasuk pertunjukan I La Galigo. Karyanya sering dijuluki sebagai ‘teater visual’ (theatre of visuals) atau ‘teater gambar’ (theatre of images).

Kelas Teater dilaksanakan di Studio Kala Teater, Kompleks Griya Barombong Blok K No.10 Makassar. Peserta terbuka untuk umum dan berbayar Rp.100.000 untuk setiap satu tokoh. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran Kelas Teater dapat menghubungi koordinator Kelas Teater, Nirwana Aprianty melalui whatsapp 0882 4245 8000.