Kala Teater Buka Kelas Teater Guna Meningkatkan Wawasan Tentang Perteateran

dprd-makassar

Online24jam, Makassar, – Salah satu program Kala Teater yang telah digagas sejak tahun 2019 adalah Kelas Teater. Kelas Teater merupakan program yang mendiskusikan pemikiran dan metode teater tokoh-tokoh teater Indonesia dan dunia.

Pada tahun ini, Kala Teater akan melaksanakan Kelas Teater selama 4 bulan, terhitung mulai bulan Januari hingga April 2020. Tokoh-tokoh yang akan dibahas antara lain, Robert Wilson, Sarah Kane, Suyatna Anirun, Richard Boleslavsky, William Shakespeare, Anton Chekhov, Saini Km, Tuti Indra Malaon, Asrul Sani, dan Ikranagara. Tokoh-tokoh tersebut akan dibahas oleh pemateri-pemateri yang sudah cukup lama bergelut dibidang seni yaitu Damar Tri A, Shinta Febriany, Yudhistira Sukatanya, Ram Prapanca dan beberapa narasumber lainnya.

Damar Tri A akan membawakan kelas pembuka yang membahas tokoh Robert Wilson pada 22 dan 23 Januari 2020. Damar Tri A merupakan dosen di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Sulawesi Selatan. Dia mendirikan Pusat Studi Estetika (PUSTIKA) dan baru-baru ini menerbitkan kumpulan esainya dalam buku Dialektika Seni, esai-esai ekstra-estetik. Tesisnya fokus membahas seni rupa pertunjukan.

The Sandman- Opera by Robert Wilson

Kelas Robert Wilson akan fokus membahas kerja seni rupa dalam karya Robert Wilson. Beliau adalah seorang sutradara dan perancang panggung asal Amerika yang disebut-sebut sebagai seniman teater paling penting di abad ke-20. Lebih dari enam puluh teater postmodern karyanya telah dipentaskan termasuk pertunjukan I La Galigo. Karyanya sering dijuluki sebagai ‘teater visual’ (theatre of visuals) atau ‘teater gambar’ (theatre of images).

Kelas Teater dilaksanakan di Studio Kala Teater, Kompleks Griya Barombong Blok K No.10 Makassar. Peserta terbuka untuk umum dan berbayar Rp.100.000 untuk setiap satu tokoh. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran Kelas Teater dapat menghubungi koordinator Kelas Teater, Nirwana Aprianty melalui whatsapp 0882 4245 8000.

Pemkot Makassar