Miliki Laboratorium Kesehatan Daerah, Bupati Luwu Utara Minta Masifkan Upaya Promotif dan Preventif

Luwu Utara – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Gedung UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), Kamis (6/2/2020) yang berlokasi tepat di samping Puskesmas Masamba.

Satu-satunya Labkesda yang baru diresmikan tersebut, bakal mengedepankan pelayanan CARE (Cepat, Akurat, Responsif, dan Efisien). “Kebutuhan masyarakat terus berkembang seiring dengan kompleksnya perkembangan penyakit. Oleh karena itu kita berharap bangunan yang cukup megah di Kota Masamba ini akan mampu memberikan pelayanan yang tidak kalah bagusnya, dan tidak kalah baiknya,” ucap Indah yang hadir bersama Sekda Armiady, Kadis Kesehatan A. Muhammad Nasrum, dan Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, Hariadi.

Labkesda, kata Indah harus dipahami sebagai upaya promotif dan preventif.
“Perlu kita memahami Labkesda tujuannya untuk promotif dan preventif. Lab mendorong masyarakat sadar pentingnya pencegahan, jadi
harusnya di tempat ini lebih ramai daripada di Puskesmas jika kesadaran masyarakat baik terhadap pencegahan penyakit.

Perlahan tapi pasti agar pendekatan promotif dan preventif lebih dikedepankan daripada kuratif, sehingga yang tadinya menjadi tempat orang sakit, beralih jadi tempat orang sehat konsultasi terkait pentingnya menjaga kesehatan,” terang bupati yang membawa Luwu Utara menjadi Kabupaten Sehat tingkat Wistara selama dua kali berturut-turut.

Di hadapan para Kepala Puskesmas yang hadir, IDP juga meminta agar memasifkan puskesmas keliling. “Sebagi upaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Sebab paradigma pemberian layanan sudah bergeser, bukan lagi masanya kita yang dikunjungi, tapi kita yang harus mengunjungi masyarakat,” pinta orang nomor satu di Luwu Utara ini yang hadir mengenakan Batik Rongkong.

Diketahui Labkesda memiliki ruang Laboratorium Klinis, Kimia Kesehatan, Mikrobiologi, dan Patologi. (*)