Bupati Indah Minta Ritel Modern dan UMKM Saling Menguatkan

Online24, Luwu Utara – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Mengengan (DP2KUKM) bekerja sama dengan Manajemen Ritel Modern CSR PT Sumber Alfaria Tbk, menggelar Pelatihan Manajemen Ritel Modern Sistem Perdagangan bagi para Pengusaha dan Pelaku UMKM di Luwu Utara, Rabu (19/2/2020), di Aula Hotel Remaja Indah Masamba.

Kegiatan ini dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dan dihadiri Sekretaris DP2KUKM dan pihak manajemen Ritel Modern CSR PT Sumber Alfaria, serta 50 peserta Pelatihan Manajemen Ritel Modern yang terdiri dari para karyawan Alfamart dan pelaku UMKM di Kabupaten Luwu Utara. Bupati dalam sambutannya meminta kepada dua pihak yang mewakili ritel modern dan UMKM untuk saling bersinergi dan berkolaborasi.

“Kami mengapresiasi kegiatan pelatihan yang kita lakukan hari ini karena tercipta sinergi dan kolaborasi antara ritel modern dan pelaku UMKM,” kata Indah. Hal ini menurut dia, menggambarkan tidak ada persaingan, melainkan yang ada saling menguatkan. “Kita berharap keduanya saling menghidupkan dan saling menopang satu sama lain. Tidak boleh ada pengusaha besar yang kemudian mematikan usaha yang kecil,” tegasnya.

“Artinya, yang besar harus memberi kepada yang kecil,” sambungnya. Dan salah satu bentuk pemberian itu, kata Indah, adalah dengan melalui pelatihan seperti ini. Ia juga tak ingin melihat ada ritel modern mematikan UMKM di Lutra. Jika itu terjadi, maka ia berjanji akan melakukan evaluasi. “Saya sudah kasi tahu DP2KUKM bahwa saya tidak ingin mendengar ada kejadian bahwa hadirnya ritel modern mematikan UMKM di Luwu Utara,” tegasnya.

Kendati demikian, kata dia, kehadiran ritel modern sejauh ini sangat membantu UMKM di Luwu Utara untuk hidup secara bersama tanpa ada kompetisi yang tidak sehat. “Kita akan sangat apresiasi ketika kehadiran ritel modern ini tidak mematikan usaha kecil masyarakat, tapi justru membantu yang lain untuk hidup bersama. Orang baik itu suka memperbaiki, saling menarik untuk sama-sama sukses dan sama-sama bergerak,” tandasnya. (*)