RS Sayang Bunda Makassar jadi RS Khusus COVID-19

News, Peristiwa23 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – RS Sayang Bunda yang berlokasi di Jalan Letjen Hertasning, Kota Makassar dikabarkan menjadi RS khusus penanggulangan COVID-19. RS ini akan dijadikan pusat karantina dan Isolasi Covid-19 di Makassar.

Hal itu berdasar info resmi dari Para Relawan Indonesia (PRI) Sulsel. “Alhamdulillah. setelah mengadakan audiens dan mediasi akhirnya ada Owner Rumah Sakit yang merelakan Rumah Sakitnya digunakan sebagai pusat Karantina dan Isolasi Covid-19 di Makassar,” tulis salah satu petinggi Para Relawan Indonesia (PRI) di akun sosial media, Facebook, Minggu 22 Maret 2020.

RS ini memberi solusi sehingga Pasien umum tidak lagi disatukan dengan pasien yang terindikasi Corona baik ODP maupun PDP. Seluruh Pasien yang ada saat ini akan dipulangkan bertahap dan tidak lagi menerima tamu pasien umum.

“Insya Allah,..Besok akan dibersihkan dan di kondisikan oleh Tim Relawan agar siap menjadi pusat Karantina dan Isolasi Pasien ke depannya,” tambah akun Muh Luqman Munir. Pengelolaan RS semasa karantina dan Isolasi akan dikordinasi oleh Ketua PRI doker Hisbullah Amin dan pihak internal RSU Sayang Bunda.

Pihak PRI juga mengajak warga untuk ikut berpartisipasi lewat donasi atau relawan. Selain itu, berharap masyarakat Makassar untuk ikut himbauan pemerintah untuk tetap di rumah hingga wabah COVID-19 ditanggulangi.

Sementara untuk pengadaan alat-alat medis, PRI akan berkoordinasi dengan Tim Reaksi Cepat Penanganan Covid-19 yang dibentuk pemerintah pusat dan Sulsel

“Kalau di sini kita kordinasi Tim Gugus Tanggap Covid-19 yang telah dibentuk pemerintah provinsi Sulsel,” kata Hasbullah, yang juga dokter spesialis anestesi Rumah Sakit (RS) Wahidin Makassar dan RS Pelamonia Makassar itu.

Pemerhati Kesehatan Makassar, dr Nurhayati Bahrin, mengapresiasi aksi tanggap PRI. Apalagi melihat kondisi wabah yang telah masuk di Makassar.

“Saya berharap para relawan terutama dokter, perawat benar-benar diberi alat safety. Apalagi saat ini sudah ada pasukan garda depan itu gugur, saat bekerja,” singkatnya saat dihubungi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *