Pemerintah Kota Makassar dan Jurnalis Gelar Aksi Sosial Lawan Corona

Online24jam, Makassar, – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akhirnya menaikkan status Makassar dari siaga menjadi tanggap darurat. Status ini dinaikkan setelah makin merebaknya pandemik Corona Covid-19 di sejumlah wilayah Makassar.

Menurut Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb, dengan naiknya status tersebut beberapa kebijakan dan langkah lebih serius mulai dilakukan pemerintah.

Menyikapi hal tersebut, Gabungan Admin Sulsel (GASS) bersama Gerakan Jurnalis Anti Corona menggelar aksi sosial, yakni melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat ibadah yang ada di Kota Makassar.

“Manfaat penyemprotan disinfektan adalah untuk membasmi segala macam virus di tempat ibadah, termasuk virus corona,” ujar Arfah Aksa, selaku Ketua GASS.

Selain itu juga, akan dilakukan pembagian hand sanitizer ke beberapa tempat ibadah juga dalam lingkup Kota Makassar. “Apa yang kami lakukan ini, supaya masyarakat dapat merasa aman dan nyaman, tidak khawatir lagi dengan virus corona, saat melaksanakan ibadah di tempat ibadah,” tambah Nur Rachmat, Kordinator Gerakan Jurnalis Anti Corona.

Aksi yang dinamakan “Gerakan Tempat Ibadah Bersih Corona” ini akan dilaksanakan secara bertahap. Karena keterbatasan tenaga dan materi, aksi sosial ini tentunya membutuhkan bantuan serta dukungan dari banyak pihak, agar dapat terlaksana sesuai dengan yang ditargetkan.

Oleh sebab itu, Nur Rachmat bersama Arfah Aksa berharap, ada dukungan donasi dari pihak-pihak yang peduli dengan aksi sosial, membersihkan tempat ibadah dari kemungkinan penyebaran virus corona.

Saat ini, penyemprotan disinfektan telah dilakukan di beberapa tempat ibadah yang ada di Kecamatan Tamalanrea dan Kecamatan Rappocini, Kamis (26/03/2020), diantaranya Masjid Nurul Aziz di Jalan Cilallang Jaya VII, Masjid Al Aqsha, Masjid Nurul Hijrah di Jalan tamalate 3 dan beberapa masjid lain.

“Besok akan kami lanjutkan di beberapa masjid dan gereja serta pura yang ada di Kota Makassar. Ini secara bertahap akan dilanjutkan di beberapa tempat ibadah yang ada di sejumlah kecamatan yang ada di Kota Makassar,” tegas Arfah. Gerakan Tempat Ibadah Bersih Corona mendapat support dari sponsor seperti Phinisi Hospitality, Harper Perintis Makassar, Air Mineral Rapid, HFX Internasional Berjangka, Forum Makassar Ta’