Tekan Angka Penyebaran Covid -19, Ini yang Dilakukan Dinkes Sulsel

News, Regional18 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Menekan penyebaran virus corona, Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan kembali orientasi relawan pendamping Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Sulsel, Husni Thamrin mengatakan tugas relawan saat penting dalam memberikan edukasi dan memantau aktivitas ODP sehingga mampu menenkan ODP menjadi PDP.

“Dalam menekan penyebaran covid-19 kami memberika orientasi kepada para relawan pendamping ODP. Tugas mereka mentoring, memberikan edukasi dan menengkan ODP,” kata Husni Thamrin di Balai Manunggal, Sabtu (28/03/2020).

Menurutnya sebanyak 40 relawan akan bertugas memantau kondisi ODP sampai 14 hari kedepan. pemantauan mereka menggukan telpon dan whatsapp.

Lanjut ia hadirnya relawan pendamping ODP di Sulsel mampu memberikan informasi aktifitas pasien sehingga mampu mengendalikan penyebaran covid-19. “Berharap dengan adanya pendamping ODP mampu mengendalikan Covid-19 di Sulsel,” katanya.

Ia berharap, para ODP dapat dengan sukarela tetap tinggal di dalam rumah dan tidak kemana-mana. “Melakukan karantina diri supaya tidak menularkan atau berkemungkinan (tertular). ODP ini berpotensi untuk menularkan jika suatu saat dia positif, karena kemungkinan saat ini dalam masa inkubasi,” ujarnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *