Armada Kemanusiaan ACT Dukung Kebutuhan Penanganan Covid-19 di Pulau Galang

Online24jam, Jakarta, – Dukungan untuk berbagai elemen masyarakat yang terdampak langsung Covid-19 terus diberikan. Tak terkecuali bagi para tenaga medis, petugas keamanan, dan pasien yang tengah dikarantina di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Aksi Cepat Tanggap turut memenuhi kebutuhan mereka dengan mengirimkan armada Humanity Food Truck dan Double Cabin Rescue menuju Pulau Galang, Senin (13/4).

Direktur Program ACT Bambang Triyono menyatakan bahwa aksi ini merupakan bagian dari dukungan ACT terhadap upaya-upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. “Seperti yang kita ketahui Pulau Galang telah dijadikan titik karantina bagi warga Indonesia yang saat ini berada di luar negeri dan ingin kembali ke Indonesia. Pulau Galang digunakan sebagai pusat karantina Covid-19. Kehadiran Humanity Food Truck di sana, sebagai armada yang mendukung dan membersamai semua tenaga-tenaga baik tim medis, relawan nonmedis, TNI dan semua yang membantu di tempat karantina tersebut, termasuk pasien yang dirawat, baik yang masih tahap observasi,” ungkapnya.

Dua armada yang digerakkan ke Pulau Galang akan menyuplai kebutuhan penanganan karantina Covid-19 selama 14 hari. Dalam kurun waktu tersebut, tim ACT akan membagikan makanan gratis, air, dan kebutuhan pokok lainnya yang diperlukan semasa pendampingan dengan target 1.000 penerima manfaat.

Selain itu, bantuan sekunder berupa penyemprotan disinfektan juga akan disiapkan demi memaksimalkan bantuan di lokasi tersebut. Aksi ini menjadi tahap awal dalam program utama “Bersama Selamatkan Bangsa” yang akan diluncurkan beberapa hari ke depan. Bersama Selamatkan Bangsa merupakan gerakan untuk semakin memasifkan program Operasi Pangan Gratis yang telah dilakukan sebelumnya. Rencananya, kolaborasi akan dilakukan dengan sekitar 10.000 warung kuliner UMKM (warteg dan jejaringnya) yang sebelumnya baru berjumlah 1.000 warung. Selain itu, akan dimaksimalkan pula pendistribusian 1.000.000 paket makanan siap santap.

Dari segi pemenuhan kebutuhan penunjang kerja pejuang medis, ACT akan bekerja sama dengan 1.000 UMKM untuk memproduksi masker dan cairan disinfektan selama masa pandemi ini.

Hingga Senin (13/4), jumlah total pasien positif Covid-19 tercatat sebanyak 4.557 orang dengan korban yang meninggal sebanyak 399, dan yang sembuh 380 orang. Tidak tinggal diam, ACT akan terus berkolaborasi memberikan bantuan berupa operasi pangan gratis, dukungan bagi tenaga medis, pemeriksaan kesehatan keliling, pemberian paket sanitasi, dan program-program lainnya. Untuk itu, mari Bersama Selamatkan Bangsa, www.indonesiadermawan.id/BersamaLawanCorona.