Pewarta Foto di Makassar Mendapatkan Perlakuan tidak Menyenangkan dari Oknum Aparat TNI

Ilustrasi Pewarta Foto

Online24jam, Makassar, – Seorang fotografer Ivan Abdullah dari Kabar News.com, mengaku mendapat perlakuan tidak menyanangkan dari salah seorang oknum TNI saat mengambil gambar di pekuburan Macanda, Kab. Gowa, Minggu (19-04-2020).

Adapun kronologisnya, dikatakan bermula saat Irvan Abdullah ditugaskan untuk meliput proses pemakaman jenazah Covid-19, di Pekuburan Macanda, Kabupaten Gowa,

Dikatakan ia saat itu langsung ke Posko Keamanan Petugas di Kawasan Pekuburan untuk izin memotret.

“Boleh motret pak?” tanya Ivan. Lalu dijawab oleh petugas di sana kau motret dari tower”, ujar Irvan menirukan gaya petugas.

Kemudian Irvan bersama seorang petugas memotret dari tower yang sudah ditunjukkan. Setelah beberapa menit memotret, disuruh turun dan di interogasi. Kemudian meminta kamera dan memeriksa foto hasil bidikannya. Kemudian menghapusnya.

“Ada sekitar empat orang berpakaian loreng, menginterogasi saya. Siapa yang suruh memotret disini? Bagaimana seandainya ada keluarga yang tidak setuju melihat proses pemakaman. Jangan takut-takuti masyarakat.”, jelas Irvan.

Aksi tidak terpuji ini langsung mendapat reaksi keras dari sejumlah pewarta foto Makassar. Rencananya kejadian ini akan langsung dilaporkan kepada pihak kodam untuk diambil langkah hukum dan meminta penjelasan terkait penghapusan karya jurnalistik tersebut.