HUT Damkar International, Iqbal Beri Cenderamata ke Kadis Damkar

Online24, Makassar – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Internasional, pihak Damkar Makassar menggelar apel bersama di Kantornya, Senin (4/5/20).
Hadir Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, Kadis Damkar, Taufiq Rahman dan jajarannya.

Apel ini digelar dengan tujuan membangkitkan semangat para anggota jajaran Damkar Makassar ditengah pandemi Corona ini.

Dimana Damkar juga turut berperan aktif dalam menekan penyebaran virus corona.

“Damkar ini salah satu garda terdepan dalam penekanan penyebaran virus corona ini. Dia tak lelah menyemprotkan disinfektam ke sudut-sudut kota Makassar,” ucap Iqbal.

Virus corona (covid -19) yang mewabah sejak awal bulan Maret lalu di kota Makassar, sangat mempengaruhi sektor ekonomi, salah satunya kegiatan bank sampah di Kota Makassar. Sejak Pemerintah Kota Makassar memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) aktifitas penjemputan dan pembelian di bank sampah sampah unit di kota Makassar dibatasi.

Hal ini terlihat pada aktivitas penimbangan di Bank sampah unit maupun Bank sampah pusat (UPT. Pengelolaan persampahan dan Daur Ulang) menurun drastis hingga 70% .

Ketua umum Asosiasi Bank sampah Indonesia Saharuddin Ridwan membeberkan data, Januari (2020) reduksi sampah mencapai 89.331kg dan 2.435 pcs meningkat pada bulan Februari 97.665 kg dan 1.026 pcs serta menurun Maret 57.921kg dan 1.339 pcs. Perbandingan sejak mewabahnya virus corona reduksi sampah mengalami penurunan drastis hingga 40%. Rendahnya serapan sampah terpilah dari sumbernya membuat meningkatnya sampah yang terbuang ke TPA yang akan memperpensek usia TPA.

Sementara itu, Andi Nurdianzah, dari yayasan peduli negeri Makassar berharap ada bantuan pemerintah untuk mencegah penularan covid – 19 ini. Menurutnya, pemerintah setidaknya menyediakan APD yang cukup bagi pengurus Bank Sampah yang masih beroperasi.

“Semoga pandemi ini cepat berlalu sehingga bank sampah bisa beroperasi seperti biasanya.”tutup Andi Nurdianzah. (*)