Ketua DPRD Makassar Minta Pj Walkot Baru Segera Tuntaskan Sembako PSBB

Regional1 Views
banner 468x60

Online24jam, Makassar – Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo meminta Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar yang baru, Profesor Yusran Yusuf, segera menuntaskan masalah pembagian sembako bagi warga di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Rudi menyebut masih banyak warga kurang mampu yang belum dapat sembako.

“Sebagai pimpinan DPRD Kota Makassar kami mengucapkan selamat kepada Prof Yusran yang telah diberikan amanah oleh Gubernur sebagai pelanjut Pak Iqbal, Penjabat Wali Kota Makassar. Kami DPRD yang penting adalah Pj yang baru bisa bekerja tepat dan yang paling utama ialah bisa bersinergi dengan semua pihak stakeholder khususnya dengan DPRD,” ujar Rudi seusai pelantikan Yusran di Balai Kota Makassar, Rabu (13/5/2020).

Rudi menekankan agar Yusran segera fokus bekerja menuntaskan masalah pandemi virus Corona (COVID-19) di Kota Makassar. Hingga saat ini, pandemi COVID-19 masih memberi dampak besar terhadap masalah ekonomi hingga sosial di Kota Makassar. Dia lalu menyoroti bantuan logistik bagi warga kurang mampu di tengah PSBB Makassar.

“Kesiapan logistik di saat PSBB masih menjadi problem atau masalah di bawah. Ini yang harus diambil langkah-langkah percepatan di bawah agar persoalan ini bisa dituntaskan. Ini kan masyarakat banyak berteriak di bawah masih kekurangan (bantuan sembako),” katanya.

Menurutnya, seorang pejabat wali kota harus mampu menggerakkan organisasi perangkat daerah (OPD) di bawahnya untuk memastikan seluruh warga yang terkena dampak PSBB mendapatkan sembako.

“Kalau kekurangan (sembako) ya ditambah dong, kalau masih ada yang tertahan segera turunkan semua. Jadi harus ada ketegasan dari wali kota,” paparnya.

“Yang utama juga Pak Wali harus banyak turun mendengar ke masyarakat supaya tahu apa yang terjadi di bawah. Karena pandemi COVID-19 ini dampaknya luar biasa, khususnya sektor informal kita yang banyak mati dan tidak bergerak karena PSBB yang membuat orang disuruh di rumah,” imbuhnya.

Diketahui, Yusran yang juga Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) baru saja dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Pj Walkot Makassar oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Yusran menggantikan Iqbal Suhaeb yang SK penunjukannya sebagai Pj Walkot Makassar berakhir hari ini atau tepat setahun.

Nurdin mengambil sumpah dan melantik Yusran di gedung Balai Kota Makassar, Rabu (13/5/2020). Pelantikan Yusran sebagai Pj Walkot Makassar sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.73-779 Tahun 2020 tentang Pengangkatan Pejabat Wali Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Mendagri Tito Karnavian meneken SK tersebut pada 11 Mei lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *