Jelang HDDS 2020, PMI Gelar Donor Darah Serentak

News, Regional1 Views
banner 468x60

Online24, Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah serentak di hampir seluruh propinsi, Selasa (9/6/2020). Kegiatan yang digelar sejumlah Unit Donor Darah (UDD) ini merupakan rangkaian peringatan Hari Donor Darah Sedunia (HDDS) 2020 yang jatuh pada 14 Juni mendatang. Kampanye “Darah Yang Aman, Selamatkan Jiwa” menjadi fokus HDDS tahun ini.

Kepala Unit Donor Darah PMI dokter Linda Lukitari Waseso menjelaskan, selain untuk memenuhi persediaan darah, gerakan massal ini menunjukkan bahwa aktivitas donor darah tetap bisa dilakukan walaupun dalam masa pandemi. Ditambahkan Linda, dalam kondisi pandemi pun, stok darah sebanyak dua persen dari total populasi masih tetap berlaku.

“Di masa pandemi ini kami masih mengalami kekurangan stok darah. Hari ini hampir di seluruh provinsi serentak menggelar donor darah di masing-masing unit,” kata Linda Lukitari Waseso di Gedung Smesco, Jakarta Selatan sebagai lokasi donor darah di Jakarta.

Sejumlah UDD yang menggelar donor darah serentak berupaya memenuhi stok darah sesuai kebutuhan wilayah masing-masing. Untuk Jakarta, target kebutuhan kantong darah sekitar 1.000 kantong. Target kantong darah oleh UDD dilakukan juga dengan ‘jemput bola’ ke masyarakat melalui mobil unit donor darah atau melalui pelayanan di UDD.

PMI memastikan keamanan dan keselamatan orang yang terlibat dalam proses donor darah. Sejumlah protokol donor darah diterapkan guna mencegah terjadinya transmisi virus antara pendonor dengan petugas. Untuk pendonor, PMI mewajibkannya mengisi dua formulir: pertama formulir data, kedua formulir epidemiologi dari Kementrian Kesehatan. Bagi Petugas, alat pelindung diri wajib digunakan.

Linda mengakui kekurangan persedian darah yang dialami PMI bukanlah sepenuhnya karena kekhawatiran pendonor, namun persoalan ini merupakan dampak pembatasan sosial. Untuk itu, PMI mengerahkan mobil unit donor darah untuk melayani sejumlah pendonor di tempat mereka.

Protokol kesehatan donor darah yang telah diterapkan PMI berhubungan erat dengan tema HDDS 2020 yakni darah sehat menyelamatkan jiwa. “Kampanye secara internasional sudah ditetapkan temanya adalah safe blood save lifes,” imbuh Linda.

Sedikitnya 50 kantong darah terkumpul di Gedung Smesco, Jakarta Selatan. Selain para relawan PMI yang bertugas di Markas Pusat, terdapat juga pendonor dari pekerja sekitar dan masyarakat umum. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *