Komitmen Tekan Laju Penularan Covid-19, Pemda Lutra Kembali Gelar Rapid Test Massal

Rapid test massal oleh TGC Dinkes Lutra di pasar Sabbang, Minggu (21/6/2020

Online24, Luwu Utara – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus bergerak melakukan upaya percepatan penanganan covid-19. Hal ini dibuktikan melalui pemeriksaan cepat atau rapid test yang terus dilakukan di beberapa tempat keramaian, salah satunya di pasar-pasar tradisional.

Yang terbaru, Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Luwu Utara melakukan rapid test massal di Pasar Sabbang, Minggu (21/6/2020). Rapid test massal ini dihadiri Kepala DP2KUKM Muhammad Kasrum, Sekcam Sabbang, Polsek Sabbang, Kepala Puskesmas Kecamatan Sabbang, serta salah seorang tokoh masyarakat Sabbang Andi Suriadi.

Rapid test di pasar Sabbang berhasil menjaring 197 orang. Hasilnya, 194 orang non reaktif, dan tiga orang reaktif. Sebagian besar yang terjaring rapid test adalah para pedagang di pasar tersebut. Tiga orang yang hasilnya reaktif, dilakukan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk kemudian diuji RT-PCR di BBLK Makassar.

“Kita tetap konsisten melakukan rapid test di sejumlah pasar, termasuk di pasar Sabbang. Ini kita lakukan dalam rangka menekan penyebaran covid-19 dan memutus rantai penularannya,” kata Jubir Covid-19 Pemda Lutra, Komang Krisna. Ia menyebutkan, sampai 21 Juni, TGC telah menjaring 2.342 orang untuk dilakukan rapid test, dengan hasil 57 reaktif.

Ia mengatakan, pemerintah siap memasuki new normal. Namun, pihaknya tetap melakulan tracing and testing di sejumlah pasar karena menurut dia, salah satu sumber penularan ada di pasar. “Hasil tracing dan testing kita di pasar, hampir semuanya ada kasus reaktif. Untuk itu, kita imbau warga tetap mematuhi protap kesehatan,” tandasnya. (*)