Selain Jago Balap, Dokter Fadli Ananda Ternyata Penabuh Drum Andal

Online24, Makassar – Bakal Calon Wakil Wali Kota Makassar Fadli Ananda. Selain berprofesi sebagai spesialis dokter kandungan, ia juga menggeluti dunia balap dan musik. Khusus di bidang musik, Dokter Fadli bahkan kerap jamming bareng dengan sederet musisi ternama.

Sejumlah hasil kolaborasinya dalam memainkan musik itu ada yang diunggahnya pada akun YouTube miliknya. Dokter Fadli biasanya menggandeng vokalis atau gitaris mengingat dirinya adalah penabuh drum alias drummer. Sedikitnya ada 11 video musik hasil kolaborasinya bersama sejumlah musisi andal.

Genre musik yang dimainkan Dokter Fadli sangat beragam. Mulai dari pop hingga rock, bahkan terkadang spesifik ke grunge, sub-genre rock alternatif. Seperti saat nge-jam bareng Iman J-Rocks, dimana mereka memainkan lagu band Nirvana berjudul ‘You Know You’re Right’.

“Kalo bawain lagu-lagunya Nirvana jadi inget jaman SMP, ini salah satu lagu yang di-release setelah mereka bubar, requestnya Iman. Hidup Grunge!!,” tulis Dokter Fadli pada akun YouTubenya. Bersama Iman J-Rocks, Dokter Fadli juga sempat memainkan lagu band legendaris The Beatles dengan judul ‘Come Together’.

Musikus lain yang ditemani Dokter Fadli berkolaborasi adalah Bondan Prakoso. Bersama mantan anggota Funky Kopral ini, pembalap nasional itu mengiringi lagu hits Bondan Prakoso berjudul ‘Kau Tak Sendiri’. Mereka juga pernah nge-jam bareng membawa lagu band Muse berjudul ‘Time is Running Out’.

Pemusik lainnya yang pernah diajak kolaborasi yakni Wafda Saifan. Bersama Wafda yang juga aktor, mereka membawakan lagu band Sheila On 7 berjudul ‘Dan’ dan band Coldplay berjudul ‘Everglow’. Lalu ada juga Nadiya Rawil, penyanyi cantik yang kerap cover lagu di YouTube, dimana mereka memainkan lagu band Padi berjudul ‘Semua Tak Sama’.

Selanjutnya, ada nama Ikmal Tobing, drummer T.R.I.A.D dan Mahadewa. Bersama yang juga penabuh drum, mereka tampak saling adu kemampuan. Pemilik RSIA Ananda itu pun menunjukkan diri tidak kalah piawai menabuh drum dibandingkan Ikmal Tobing yang disebutnya sebagai sosok master.

Dokter Fadli yang dikonfirmasi menyebut video musik nge-jam bareng sejumlah musisi ternama itu dilakukannya beberapa tahun lalu. “Ya itu hobi, selain balap, saya memang hobi musik sejak dulu,” kata putra tokoh NU Prof Iskandar Idy ini, Senin (20/7/2020) lalu.

Ia berpesan agar musisi muda asal Makassar maupun Sulsel tidak berhenti berkarya untuk menembus belantika musik nasional. Toh, talenta musisi daerah ini tak perlu diragukan. Banyak musikus andal nasional berasal dari Makassar.

“Makassar maupun Sulsel adalah gudangnya musikus andal. Untuk itu, musisi muda jangan pernah berhenti berkarya, yakin dengan doa dan ikhtiar, apa yang dicita-citakan akan tercapai,” pesan Dokter Fadli.(*)