Silaturahmi “Mappatabe”, Fatmawati Pasangkan Masker ke Warga

Online24, Makassar – Pilihan Partai Nasdem dan Gerindra memaketkan Moh Ramdhan “Danny” Pomanto-Fatmawati Rusdi, nampaknya memang sejalan dengan keinginan sejumlah elemen masyarakat.

Terbukti, selain survei keduanya selalu bercokol di posisi teratas, tingkat penerimaan warga kepada pasangan ini juga sangat tinggi. Hal itu tercermin dari sambutan langsung warga ke Fatmawati Rusdi yang beberapa hari terakhir menyapa warga sambil “mappatabe”.

Dimulai dari pembagian daging qurban di sekretariat DPD Nasdem Makassar, Fatmawati Rusdi yang tak lain mantan anggota DPR RI, berbaur penuh keakraban dengan sejumlah warga. Ada kedekatan yang terjalin tanpa ada kesan dibuat-buat atau dipaksakan.

Begitu pun ketika menghadiri silaturahmi dengan warga di salah satu kelurahan, Fatmawati yang dikenal berlatarbelakang pengusaha, tak canggung berinteraksi dengan barisan “emak-emak”. Senyum khasnya terus mengembang, dan menyapa penuh keramahan.

Bahkan di sela-sela silaturahmi sekaligus “mappatabe” untuk maju bersama Danny Pomanto melanjutkan kemajuan Makassar, istri dari Rusdi Masse (RMS) itu, turut mengedukasi langsung warga yang tidak mengenakan masker. Sambil menghampiri dan menyapanya, ia juga membagikan masker. Termasuk memasangkan langsung.

Begitu pun ketika berjalan menuju kendaraan yang ditumpangi, Fatmawati tanpa diarahkan, spontan mampir menyapa dan membagikan masker jika melihat ada warga yang duduk di luar rumah tak mengenakan masker.

“Tabe, pakaiki’ masker dih,” kata Fatma yang disambut ucapan terima kasih dari warga.

Berdasarkan pantauan, Fatmawati yang mengagendakan menggelar silaturahmi di sejumlah kelurahan di Makassar, kini sudah memulai selama beberapa hari terakhir pasca-resmi berpasangan dengan mantan Walikota Makassar Danny Pomanto.

Dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan di pandemi Covid-19, Fatmawati selalu memohon doa, restu dan dukungan warga untuk mewakafkan diri menjadikan Makasssar semakin maju bersama Danny Pomanto.

“Sambil silaturahmi, kami juga mappatabe kepada warga. Sebagai orang Bugis-Makassar, sangat penting melakukan cara itu,” ujar Bu Titi, sapaan akrab Fatmawati ketika ditanya mengenai agenda silaturahminya, Selasa (04/08/2020).

Meski baru memulai agenda silaturahminya di Makassar, namun warga sangat merespons positif. Itu tercermin dari antusias warga yang menyambutnya di kegiatan silaturahmi yang dihadiri Fatmawati Rusdi.

“Wajar memang kalau beliau dijadikan kandidat wakil walikota. Cara berinteraksinya itu sudah mencerminkan punya jiwa kepemimpinan. Inimi nakke (ini pilihan saya),” sebut Nurbaya, 48, saat menghadiri silaturahmi dengan Fatmawati belum lama ini.

Senada disampaikan “emak-emak” lainnya, Fatimah, 52 tahun. Ibu rumah tangga yang memiliki tiga anak itu mengaku “jatuh hati” di pertemuan pertama dengan wakil bendahara DPP Nasdem tersebut.

“Saya sering mendengar namanya. Tapi baru kali ini saya berinteraksi langsung. Orangnya ramah dan peduli. Cocok memang jadi pemimpin,” nilai Fatimah yang mengenakan kerudung.(*)