Edukasi Masyarakat Lawan Covid 19, UKM LDK MPM Unhas Gelar Khasiat

banner 468x60

Online24, Makassar – Menjadi UKM yang bergerak dalam bidang dakwah Islam di Universitas Hasanuddin (Unhas), UKM LDK MPM Unhas bekerjasama dengan LD Salsabil Fakultas Farmasi Unhas dan BEM KEMAFAR-UH menyelenggarakan kegiatan Kajian Hangat Sains dan Islam Terkini (Khasiat) dengan tema yang sangat sesuai dengan keadaan pandemi saat ini, yaitu “Lawan Covid-19 dengan Iman dan Imun”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu 08 Agustus 2020 lalu / 18 Dzulhijjah 1441 H dengan peserta yang melakukan registrasi sebanyak 449 orang, terdiri dari kalangan mahasiswa Unhas, mahasiswa luar Unhas, para tamu undangan yang terdiri dari dosen, staf akademik dan pengurus lembaga hingga dari kalangan pelajar juga antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Alhamdulillah berlangsungnya kegiatan ini disponsori oleh beberapa pihak, diantaranya yaitu Lembaga Bimbel Juara UKAI (Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia) dan Syahidah Store. Materi “Mengungkap Imunitas untuk Melawan Covid-19” dibawakan oleh apt. Firzan Nainu, M.Biomed. Ph.D. Beliau merupakan salah satu dosen di Fakultas Farmasi Unhas dan juga seorang peneliti. Beliau mengungkapkan bahwa virus Sars Cov-2 ini tidak bisa dianggap remeh.

Sangat penting untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah, seperti memakai masker saat berkomunikasi dengan orang yang tidak tinggal serumah karena hal tersebut tidak hanya untuk melindungi diri sendiri melainkan juga melindungi orang lain. Kepala laboratorium Farmakologi dan Toksikologi Fakultas Farmasi Unhas ini menutup materinya dengan sebuah pesan “Sebaiknya semua orang dianggap berpotensi terinfeksi virus Corona, daripada dikatakan sebaliknya”.

Tidak hanya itu saja, panitia juga menghadirkan pemateri nasional, Ust. dr. Raehanul Bahraen, M.Sc., Sp.PK. dengan membawakan materi “Pentingnya Menjaga Iman di Tengah Pandemi “. Antusiasme para peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang memenuhi kolom komentar dari para muslimah di YouTube private dan para muslim di ruangan zoom yang mengajukan tangan saat sesi tanya jawab dibuka oleh moderator. Salah seorang peserta melalui form saran kegiatan menuliskan, “Lebih banyak mengadakan Webinar/kajian seperti ini untuk menambah wawasan, tidak hanya ilmu dunia tapi juga ilmu akhirat”.

Di tengah kondisi pandemi saat ini memang sangat dibutuhkan ketahanan imun dan kualitas iman yang baik, agar kita senantiasa berada dalam kondisi yang bugar dan sehat sehingga bisa memaksimalkan diri untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *