Kebakaran Sekitar Pasar Senggol, Satu Korban Meninggal

Lapak-lapak kayu pedagang yang ada di sekitar area pasar senggol ludes dilalap api.

Online24jam, Makassar, – Kebakaran besar melanda sekitar Pasar Sambungjawa yang terletak di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Mariso, Sabtu (22-08-2020) malam.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui persis penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Namun beberapa informasi yang diperoleh, disampaikan dugaan api berasal dari rumah salah seorang warga yang berada di lorong buntu tepat di belakang lapak-lapak kayu yang ada di pelataran jalan Hati Murni – jalan Cendrawasih.

“Dugaan dari lorong buntu. Di situ rumah padat penduduk dan api merembes ke lapak-lapak yang ada di sekitar Pasar.” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Elodewata wahid.

Lebih lanjut, disebutkan sekira 25 unit mobil damkar dikerahkan untuk menguasai api yang makin membesar. Dan dilakukan penyemprotan secara bergantian. Satu warga juga dikabarkan meninggal akibat polusi asap tebal saat membantu melakukan pemadaman.

“Ada satu warga bernama H. Anwar. Tadi jadi korban, tapi bukan karena terbakar, ia ikut membantu pemadaman dan pingsan karena asap tebal. Begitu dievakuasi ke rumah sakit Bhayangkara, korban meninggal.” ujarnya.

Petugas pemadam lakukan penyemprotan dari arah Jln. Cendrawasih, saat kebakaran terjadi di sekitar area Pasar Senggol.

Sementara, jajaran Direksi PD Pasar, ketika mendapatkan informasi tersebut langsung melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran. Diantaranya adalah, Direktur Utama, Basdir, Direktur Umum, Nuryanto G. Liwang dan Kepala bagian. Penertiban dan Kebersihan, Muh. Jaenul.

Dari hasil pantauan tersebut, Dirut PD Pasar mengatakan bahwa lokasi kebakaran bukan di area Pasar Sambungjawa atau yang dikenal Pasar Senggol.

“Tidak masuk area pasar, hanya dibagian luar. Area lapak-lapak tambahan yang berada di ujung jalan Hati Murni.” Ujar Basdir.

Meski demikian, menurut Basdir pihak turun langsung memastikan dan memantau langsung keadaan sekitar pasar tersebut.