Direksi PD Pasar Jalin Kerjasama dengan Kecamatan Terkait Penertiban Area Jualan Pedagang

Online24jam, Makassar, – Jajaran Direksi Perusda Pasar Makassar Raya lakukan kunjungan ke dua kantor kecamatan. Diantaranya Kantor Kecamatan Wajo dan Kantor Kecamatan Biringkanaya, Selasa (25-08-2020).

Kunjungan tersebut sebagai silaturahim dan rapat koordinasi antara pihak PD Pasar dan Kecamatan.

Direktur Utama PD Pasar, Basdir mengatakan Koordinasi ini lebih pada persoalan tehnis baik pada penertiban Administrasi PKL, Fasum Fasos, dan Protokol kesehatan.

“Jadi kami mau sharing soal data PKL dan pedagang agar tidak ada saling miskomunikasi.” jelas Basdir.

Menurutnya, PD Pasar itu tidak berdiri sendiri, bukan perusahaan pribadi tapi milik pemerintah. Sehingga perlu ada sinergi dengan pihak kelurahan dan kecamatan.

“Banyak persoalan yang bisa dikerjasamakan terutama dalam hal penertiban baik pedagang maupun parkiran.” lanjutnya.

Direktur Umum, Nuryanto G Liwang mengatakan, kerjasama ini juga terkait antisipasi kebakaran melalui asosiasi pedagang, kepala unit pasar dan penjaga malam. Serta tertib administrasi harus berjalan.

“intinya komunikasi dan koordinasi dengan pihak kecamatan. Jadi sama-sama bisa mengatasi jika ada persoalan. Seperti persoalan di Pasar Bacan baru-buru ini.” imbuhnya.

Sementara, Camat Wajo, Ansaruddin dalam pertemuan itu mengatakan sangat mengapresiasi kehadiran para direksi pasar.

“komunikasi itu sangat penting apalagi koordinaai sepeeti ini. Terutama membahas hal pencegahan penyebaran covid. Karena pasar adalah titik pertemuan orang banyak.” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, Kecamatan lebih pada pengawasan dan penertiban penggunaan lahan fasum fasos. Terutama pemeriksaan identitas pedagang.

Hal senada juga disampaikan Camat Biringkanaya, Dr. H. Andi Syahrum, yang mengusulkan pada penataan Pasar Daya PKL harus menata hol dan penentuan sonasi dagangan. Begitu juga di Pasar Mandai agar pedagang tidak menggunakan trotoar dan tepi jalan.

Pertemuan ini juga dihadiri Direktur Operasional, Saharuddin Ridwan, Kabag penertiban dan keindahan, Muh. Jaenul, S. Sos, Lurah dan para kepala unit Pasar di masing-masing wilayah kecamatan.