Jelang Pilkada 2020, KPU Maros Rekrut 50 Relawan Demokrasi

Ketua KPU Maros Syamsu Rizal

Online24, Maros – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maros, Sulawesi selatan melaksanakan proses seleksi Relawan Demokrasi jelanng Pilkada serentak 2020.

Rencananya KPU Maros akan merekrut 50 orang relawan demokrasi atau disingkat relasi, yang tersebar di 14 Kecamatan di wilayah Kabupaten Maros.

Relawan demokrasi sendiri memiliki tugas sebagai perpanjangan tangan Kpu di wilayah pelosok dan pedesaan untuk mensosialisasikan pelaksanaan pilkada termasuk mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Ketua KPU Maros Syamsu rizal mengatakan Jelang pendaftaran calon melalui jalur politik, pihak Kpu melaksanakan berbagai persiapan diantaranya pemutakhiran data sementara ditingkat PPS dan perekrutan Relasi.

” Kami sedang melakukan pemutakhiran data sementara berlangsung proses rekap ditingkat pps kemudian kami juga sementara persiapan untuk pendaftaran calon melalui jalur partai politik, selain itu kami sementara melaksanakan proses seleksi relawan demokrasi atau disingkat sebagai relasi, ini nanti menjadi perpanjangan tangan kpu di pelosok dan pedesaan untuk mensosialisasikan pelaksanaa pilkada”. Jelas Rizal

Disampaikan Syamsu rizal, sejak KPU Maros menerima perekrutan calon relawan demokrasi, ratusan pendaftar pun dari berbagai kecamatan sering kali memenuhi kantor Kpu guna membawa berkas mereka.

” Sejak kami lakukan proses tahap seleksi calon relasi, alhamdulillah pendaftarnya cukup antusias, namun kami hanya akan menerima 50 relawan saja yang nantinya tersebar di 14 kecamatan”. ujar Ketua KPU Maros (20/08/20)

Meski disesaki pendaftar calon relawan, namun KPU Maros tetap menerapkan protokol kesehatan guna menghindari terjadinya penularan virus corona.

” Kami selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan covid-19, jadi pendaftar ini sebelum memasuki ruangan kantor KPU, terlebih dahulu mereka diarahkan oleh petugas jaga untuk mencuci tangan, setelah itu setiap pendaftar diperiksa suhu tubuhnya, dan selama mengikuti proses seleksi para calon ini selalu dihimbau untuk jaga jarak”. Tutup Rizal

(Achmad)