Program Padat karya, Ditjen Hubud Libatkan Masyarakat Disekitar Bandara Andi Djemma

Online24, Makassar – Setelah Wamena, Sumenep, Ngloram Cepu, Tebelian Sintang, kali ini Program Padat Karya Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dilaksanakan di Bandar Udara Andi Djemma, Masamba Sulawesi Selatan yang diresmikan hari ini, Senin (31/8/20).

Mengangkat tema “Peran Serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Dalam Rangka Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Kegiatan Padat Karya” maka sekitar 50 warga yang tinggal disekitar Bandar Udara Andi Djemma dilibatkan dalam program Padat Karya, dengan tujuan membantu ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto yang sambutannya dibacakan oleh Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar, Baitul Ihwan mengatakan bahwa kegiatan Padat Karya ini sebagai upaya menjalankan Instruksi pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan keterampilan masyarakat lokal, dan juga mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat.

“Sejak merebaknya Pandemik Covid-19, dampak terhadap sektor ekonomi sangatlah besar, dimana banyak tenaga kerja yang dirumahkan sementara(Unpaid Leave) yang menyebabkan berkurangnya daya beli sebagian masyarakat, untuk itu program Padat Karya diharapkan mampu menjadi salah satu penggerak ekonomi di beberapa daerah dan akan terus berkelanjutan. “, jelas Baitul.

Selain itu Baitul menambahkan bahwa program Padat Karya ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terhadap masyarakat lokal sebagai penerima manfaat langsung dengan adanya Bandar Udara. Khususnya di Kabupaten Luwu Utara yang sempat terkena musibah banjir bandang dan banyak menimbulkan kerugian material maupun non material, sehingga kegiatan Padat Karya ini diharapkan dapat membantu meringankan beban bagi mereka yang terdampak”, ujarnya.

Kegiatan Padat Karya ini sangat membantu masyarakat di sekitar bandara, apalagi kegiatan ini tidak memerlukan keterampilan khusus, pekerjaan meliputi pembersihan drainase, pagar, perbaikan rumah operasional dan kegiatan lainnya yang terkait dengan kegiatan pemeliharaan di lingkungan Bandar Udara.

Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Sarce Bandaso Tandisiak, SH, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani S. Ip., M. Si, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Andi Djemma Masamba, Mohamad Sabu, kepala UPBU Lagaligo BUA, Firman, SE, Kepala UPBU Rampi, Said Seggaf, dan Kepala UPBU Seko, Semual T. Duma.

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Sarce Bandaso Tandisiak, SH sangat mendukung dilaksanakannya program Padat Karya di Masamba. “Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut sehingga memberikan manfaat buat masyarakat”, ujarnya.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani S.Ip., M.Si menyampaikan bahwa agar bandara di Masamba, Seko dan Rampi terus berkembang baik untuk angkutan penumpang dan kargo. “Bandara ini sangat mendukung akselerasi pembangunan di Kabupaten Luwu Utara meningkatkan arus penumpang dan barang sehingga mampu mendorong perekonomian di Kabupaten Luwu Utara dan sekitarnya untuk lebih berkembang dan lebih luas lagi sehingga mampu mendukung konektifitas”, ungkap Indah pada saat peninjauan program Padat Karya.

Untuk diketahui saat ini Bandar Udara Andi Djemma memiliki terminal baru seluas 400 meter persegi dan landas pacu panjang (runway) 1.060 m x 30 m, siap didarati pesawat ATR-72. (*)