Dua Kader Golkar Bertarung Dalam Pilkada Toraja 2020, Ini Kata Pengamat Kepemiluan

Online24, Makassar – 17 kader Partai Golkar akan bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 pada 12 daerah Kabupaten atau Kota di Sulawesi Selatan (Sulsel).

17 kader partai beringin tersebut masing-masing diketahui adalah Munafri Arifuddin, Syamsu Rizal, dan AM Zunnun Armin NH di Pilkada Kota Makassar. Adnan Purichta Ichan Yasin Limpo sebagai Calon Bupati Gowa, Andi Hamzah Pangki (Calon Bupati Bulukumba).

Kemudian, Muh Basli Ali sebagai Calon Bupati Selayar, Andi Tajerimin Nur Calon Bupati Maros, Andi Ilham Zainuddin Calon Bupati Pangkep, Rismayani Calon Wakil Bupati Pangkep, Andi Salahuddin Rum sebagai Calon Wakil Bupati Barru.

Selanjutnya, Andi Kaswadi Razak Calon Bupati Soppeng, Victor Datuan Batara Calon Wakil Bupati Tana Toraja, Theofilius Allorerung Calon Bupati Tana Toraja, Frederik Victor Palimbong sebagai Calon Wakil Bupati Toraja Utara.

Namun ada yang menarik dari dua nama yang maju dalam pilkada toraja,
nama Victor Datuan Batara yang merupakan ketua DPD II Golkar Tana Toraja dan Theofilus Allorerung mereka diketahui terdaftar sebagai kader partai golkar sulsel yang bertarung dalam pilkada tana toraja tahun 2020 ini.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat kepemiluan, Dr. Nurmal Idrus mengatakan, majunya dua kader dalam satu partai pada pilkada itu hal yang biasa. Golkar terbiasa sebagai parpol besar dengan kondisi itu, di Pilkada kota Makassar contohnya disana ada tiga bahkan nama kader golkar yang bertarung sebagai kontestan. Rabu malam (23/9/20).

Tentunya faktor Victor Datuan Batara sebagai ketua Golkar Toraja akan sangat berpengaruh untuk mendapat dukungan dari kader golkar yang ada di Toraja. Jadi menurut saya, Victor tetap akan mendominasi dukungan riil pemilih Golkar di Toraja. Katanya

Sebenarnya tak akan ada pengaruh besar terhadap grass root. Jika pun di tingkat elit pecah, bukan berarti grass root akan seperti itu adanya. Victor tetap akan mendominasi perolehan dukungan dari Golkar. Di tingkat grass root, perpecahan tak akan banyak berpengaruh. Tetapi akan merugikan Victor sebagai ketua Golkar toraja jika kader partai tidak solid dalam pemilihan. tutupnya

Sekedar Diketahui, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 kabupaten Tana Toraja, diikuti 3 pasangan calon (Paslon). tiga pasangan calon yang bakal bertarung di Pilkada Tana Toraja 2020 sudah mengantongi usungan partai politik.

Mereka  mengantongi usungan partai politik yakni, pasangan calon bupati Nicodemus Biringkanae dan calon Wakil Bupati Victor Datuan Batara yang diusung Partai Nasdem (6 kursi), Partai Perindo (1 kursi) dan Partai Golkar (7 kursi).

Kemudian pasangan Albertus Patarru sebagai calon bupati berpasangan dengan John Diplomasi sebagai calon wakil bupati diusung Partai PDI Perjuangan (5 kursi) dan Partai Hanura (3 kursi).

Terakhir, pasangan calon bupati Theofilus Allorerung dan calon wakil bupati Zadrak Tombeg diusung Partai Demokrat (4 kursi) Partai Gerindra (2 kursi) dan PKPI (1 kursi).