Mal Ratu Indah dan Nipah Mall Mengedepankan Kenyamanan Pengunjung

Bisnis1 Views
banner 468x60

Online24jam, Makassar, – Salah satu unit bisnis dari PT Kalla Inti Karsa yaitu Nipah Mall, semakin memperkuat komitmennya sebagai kawasan komersial hijau pertama di wilayah Indonesia Timur yang mengusung konsep green building. Dengan kata lain, konsep green building sangat mempertimbangkan lingkungan dalam setiap aspek konstruksi dan bangunan sehingga memiliki sistem tata udara ruangan yang baik.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, potensi penularan virus melalui udara berisiko semakin besar. Beberapa kota seperti Jakarta kembali menerapkan PSBB disebabkan tren penularan virus semakin meingkat. Olehkarenanya, tata udara dan sirkulasi udara yang baik pada suatu ruangan khususnya pusat perbelanjaan serta disiplin menerapkan protokol kesehatan bisa mengurangi risiko tersebut.

“Sejak awal dan secara konsisten hingga saat ini, Nipah Mall melakukan penerapan secara serius terkait protokol kesehatan Covid-19. Didukung konsep green building dan ruang terbuka yang dimiliki oleh Nipah Mall memperkuat penerapan upaya potensi pengurangan penularan virus tersebut. Infrastruktur dengan pengelolaan sistem udara yang diatur dengan baik sehingga terjadi perputaran udara dari dalam ke luar ruangan”, ungkap General Manager Nipah Mall & Office Building, Richard Abraham.

Richard Abraham juga meyakini bahwa masyarakat yang dinamis di masa pandemi ini memerlukan tempat beraktivas yang mengedepankan kesehatan. Dan hampir diseluruh fasilitas pendukung Nipah Mall juga diterapkan konsep hygiene, health, safety and convinience. Salah satu fasilitas publik yang dimiliki adalah masjid yang terletak di Rooftop Garden Nipah Mall yang juga memiliki konsep ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik dan dilengkapi dengan standar protokol kesehatan yang maksimal, sehingga selain berbelanja, pengunjung juga dapat beribadah namun tetap aman dan nyaman.

Krisis pandemi ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Nipah Mall dan Mal Ratu Indah untuk tetap berinovasi dan berkomitmen agar dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Pihak pengelola mal secara bertahap terus meningkatkan standar protokol kesehatan yang diberlakukan bukan hanya kepada setiap pengunjung mal, melainkan juga ke setiap pengelola mal, petugas mal, dan karyawan tenant atau mitra bisnis. Sebab kesehatan dan kenyaman merupakan atensi utama kami”, tambahnya.

Sama halnya dengan Mal Ratu Indah. Walaupun konsep bangunan sangat berbeda dengan Nipah Mall, namun aspek konstruksi dan bangunan Mal Ratu Indah mendukung sistem tata udara ruang yang baik sebab memiliki plafon (ceiling) yang tinggi. Sirkulasi udara dapat dipengaruhi oleh ukuran ketinggian plafon. Jarak atap dan plafon pun menentukan suhu didalam ruangan.

Variasi lain yang dimiliki Mal Ratu Indah selain ketinggian plafon adalah void. Fungsi void membuat aliran udara lancar dan skala ruang berkesan lega. Void juga bisa menjadi media reflektor cahaya sebagai penerang ruangan. Oleh karena itu, aspek tersebut dapat mengurangi potensi penularan virus Covid-19.

Berbagai himbauan sekaligus tindakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 telah terealisasi di lingkungan manajemen unit MaRI untuk mengurangi resiko penularan dan penyebaran.

Manajemen mal berkordinasi dan bersinergi dengan unsur pemerintahan diantaranya PMI, Dishub, Satpol PP, Kepolisian dan TNI untuk mengawasi dan menjalankan protokol kesehatan.
Para pengunjung diwajibkan memakai masker, kemudian menjaga jarak yang telah di tentukan untuk mencuci tangan di wastafel yang disediakan, dengan menggunakan pedal kaki tanpa adanya sentuhan tangan untuk meminimalkan kontak tangan seluruh pengunjung tersebut.

Lift yang berada di dalam mal tersebut juga difasilitasi pedal dengan menggunakan kaki untuk mengakses lift tanpa adanya sentuhan kontak tangan pengunjung. Selain itu, Mal Ratu Indah dan Nipah Mall juga menerapkan sistem parkir touchless pada loket tiket, cukup dengan lambaian tangan tanpa sentuh.

Para pengunjung juga saat transaksi pembelian barang di dalam mal, juga selalu menerapkan jaga jarak, sebagai bentuk kesadaran pengunjung menuju tatanan hidup baru atau new normal.

“Penerapan protokol kesehatan secara ketat tanpa sentuhan tangan ini merupakan upaya preventif Manajemen Mal Ratu Indah dan Nipah Mall untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 di Kota Makasar yang merupakan zona merah”, pungkas Iwan Ismail, Center Manager Mal Ratu Indah.

“Dari awal hingga saat ini kami berkomitmen untuk tetap mendukung keputusan dan program pemerintah dalam menghentikan laju pertambahan kasus positif Covid-19”, tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *