Peduli Pendidikan, Kapolda Sulteng Hadirkan Wifi Gratis Untuk Anak-anak Huntara

Online24, Palu – Peduli pendidikan dalam masa pandemi covid.19 Polda Sulawesi Tengah melakukan sinergi dengan Korem 132 Tadulako, Pemprov Sulteng, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD), OJK dan Telkom

Bertempat di Huntara Jalan Batu bata Indah Palu, Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Abdul rakhman Baso, SH bersama Gubernur Sulteng Drs. Longki Djanggola, M.Si dan Pimpinan Bank Indonesia Sulteng M. Ikram Abdul Madjid menyerahkan bantuan wifi gratis, Senin (28/9/2020).

Dalam sambutannya Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso, SH mengatakan pandemi covid-19 yang melanda Indonesia saat ini berdampak pada dunia pendidikan, dimana pemerintah telah menerapkan kebijakan pembelajaran sekolah dengan metode belajar sistem dalam jaringan (daring) atau online.

“Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa, tetapi dilakukan melalui online menggunakan jaringan internet.”

“Yang menjadi permasalahan adalah ketersediaan kuota jaringan internet yang membutuhkan biaya yang cukup tinggi bagi siswa dan guru guna melaksanakan pembelajaran daring tersebut, terutama bagi orang tua siswa yang berpenghasilan rendah“kata Rakhman Baso

Oleh karena itu Polda Sulteng telah bersinergi dengan Korem 132 Tadulako, Pemprov Sulteng, BPMD, OJK dan Telkom untuk memberikan bantuan wifi gratis kepada masyarakat tidak mampu utamanya yang tinggal di huntara sebagai wujud peduli pendidikan pada masa pandemic covid.19 ini, terangnya

Layanan internet tersebut telah dipasang di beberapa titik lokasi yaitu huntara diponegoro sebanyak 2 access point, huntara batu bata indah sebanyak 1 access point dan huntara petobo sebanyak 2 access point dengan menggunakan wireless router kapasitas 50 Mbps

“Saya mengharapkan fasilitas tersebut hanya dipergunakan untuk proses belajar mengajar bagi para siswa dengan metode daring serta tidak dipergunakan untuk kepentingan yang lain”

Kapolda Sulteng juga menyampaikan bahwa program ini sebelumnya juga sudah dilaksanakan oleh Polda Sulteng yaitu di Satbrimob Polda Sulteng dengan nama “Brimob ramah anak Indonesia” atau disingkat “BRAIN”, selain itu Direktorat Polairud Polda Sulteng telah menyiapkan rumah wifi gratis untuk anak-anak sekolah yang tinggal di Desa Labuhan Lelea Kab. Donggala.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Sulteng juga menyerahkan 10 unit Hand phone yang berisikan kartu perdana 10 Gb kepada siswa dari huntara Anoa, Huntara petobo dan huntara Diponegoro.