JK Berterima Kasih Kepada Veteran Karena Selalu Siap Korbankan Darahnya

Online24, Jakarta – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) berterima kasih kepada para veteran republik Indonesia khususnya para veteran yang bernaung di bawah bendera Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang selalu siap sedia mengorbankan darahnya.

Bedanya saat masih aktif para veteran mengorbankan darahnya untuk berperang melawan penjajah demi kemerdekaan, saat ini para veteran menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan, menolong kehidupan orang lain.

Hal tersebut disampaikan JK saat menghadiri donor darah massal Pemuda Panca Marga (PPM)dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Gedung Balai Sarbini Jakarta,Kamis (01/10/20).

“Jika para pejuang veteran dahulu berperang melawan penjajah mengorban darahnya untuk keselamatan bangsa dan negara , namun saat ini waktunya mendonorkan darah untuk kehidupan orang lain’ujar JK dalam sambutannya, dalam acara yang digelar dalam rangka menyambut hari ulang Tahun TNI yang ke -75 tersebut.

Pada kesempatan yang sama Sekjen PMI Sudirman Said mengatakan bahwa pasokan darah yang terdapat di PMI mengalami penurunan sebanyak 50 persen semenjak pandemi Covid-19.

Untuk itu JK sangat mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan oleh oleh PPM dan LVRI serta berharap kegiatan serupa dapat dicontoh oleh kelompok masyarakat atau pun instansi resmi lainnya, agar stok darah di PMI dapat tercukupi.

“Harus diakui pasokan darah yang ada di PMI semenjak pandemi Covid-19 ini menurun hingga 50 persen, untuk itu saya sangat berterima kasih atas apa yang dilakukan pada hari ini dan berharap kelompok masyarakat atau pun innstansi resmi lainnya dapat melakukan hal serupa sehingga stok darah di PMI akan selalu tercukupi” ujar Sudirman.

Ketua LVRI Mayor jenderal (purn) Saiful Sulun mengungkapkan acara donor darah yang dilaksanakan pihaknya juga dilakukan serentak pada 8 provinsi dengan target menyumbangkan 1000 kantong darah untuk PMI.

“Selain di Jakarta, kami juga melaksanakan acara yang sama di 8 Provinsi secara serentak. Target kami dari kegiatan ini dapat menyumbangkan 1000 kantong darah untuk PMI, semoga dapat bermanfaat bagi kemanusiaan” jelas Saiful.

..