Dihadapan Warga Barabarayya, Appi Janji Beri Solusi Masalah Banjir

Online24, Makassar – Hamsir, warga Kelurahan Barabarayya Selatan, Kecamatan Makassar, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berdialog terkait sejumlah keluhannya saat menghadiri kampanye tatap muka dengan calon Wali kota Makassar, Munafri Arifuddin, di Jl Abu Bakar Lambogo II, Kelurahan Barabarayya Selatan, Sabtu (3/10/2020).

Sebagai warga yang tiap harinya beraktifitas di wilayah Barabarayya Selatan, Hamsir mengeluhkan banjir yang kerap terjadi di wilayahnya tiap musim hujan.

Pada sesi tanya jawab yang berlangsung, Hamsir menjadi orang yang pertama mengancungkan tangan.

Saat dipersilahkan pria yang berprofesi sebagai pedagang kelontongan itu langsung menunjukan wajah yang serius.

“Setiap hujan pasti air tergenang jadi kami berharap agar Pak Appi memperhatikan jalan Sungai Saddang di depan itu asal hujan pasti banjir,” katanya.

Bahkan dengan suara yang terbata-bata dan sesekali meninggi, ia mempertegas bahwa apa yang terjadi ini sudah sekian tahun lamanya.

Pemerintahan sebelumnya hingga saat ini belum memberikan perhatian serius.

“Tidak pernah tidak, air pasti tergenang selalu begitu Pak,” tuturnya.

Padahal di wilayah kawasan itu terdapat kanal yang bisa menampung air kala musim penghujan.

Tetapi menurut Hamsir, air di kala musim penghujan ini tergenang akibat tak adanya drainase yang menuju langsung ke kanal.

“Itulah kasian kenapa kami minta kalau Pak Appi duduk Wali kota Insyaallah, supaya ini diperhatikan. Bisa ada penggalian nantinya,” harapnya.

Keluhan dari Pak Hamsir ini pun ditanggapi Appi langsung.

Calon Wali kota nomor urut dua itu mengatakan jika inilah pentingnya dialog langsung dengan warga.

“Bahwa memang kami turun kampanye ini meski terbatas jumlahnya tapi kesempatan kami untuk bisa mendengarkan langsung apa keluhan yang jadi keluharan warga-warga sekalian,” tuturnya.

Terkait dengan banjir yang disebutkan sebagai salah satu masalah yang tak kunjung terselaikan, Appi berjanji akan menjadikan prioritas pengerjaan kala duduk sebagai Wali kota kelak.

“Ini memang masalah pembuangan air tidak pernah selesai, jadi ada kanalnya tapi ada wilayah yang tidak sempat tertampung airnya karena ada cekungan ini mi yang jadi masalah,” katanya.

“Insyaallah Pak doakan kami dan yang akan pertama kami bikin adalah bagaimana kami membuat saluran agar bisa menuju ke kanal-kanal ini,” sambung CEO PSM Makassar itu.

Selain berdialog langsung dengan warga di Jl Abu Bakar Lambogo II, Appi juga blusukan di Pasar Ablam yang tak jauh dari lokasi.

Ia menyapa para pedagang dan pembeli serta menanyakan sejumlah masalah dan  mereka, utamanya di tengah kondisi Covid-19 ini.

Beberapa pedagang seperti pada kunjungan-kunjungan Appi sebelumnya di pasar lainnya masih mengeluhkan penjualan yang makin menurun.

“Makin susah Pak, kurang pemasukan,” kata salah satu pedagang sayuran.

Pandemi Covid-19 ini memang dalam beberapa bulan menghantam sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Tak hanya persoalan kesehatan yang membuat angka kematian terus meningkat, tetapi juga dari segi ekonomi mengalami penurunan daya beli masyarakat.

Olehnya itu sebagai calon Wali kota, Appi berfokus pada dua program utama yakni penanggulangan Covid-19 dan membangkitkan kembali perekonomian.(*)