Kenang Era Kepemimpinan Danny, Warga Ajak Fatma ke Kebun Kota

Online24, Makassar – Ada banyak kreativitas warga dalam menyambut kedatangan calon wakil wali kota Makassar, Fatmawati Rusdi. Di Kelurahan Maricaya Baru, Kecamatan Makassar, pendamping M Ramdhan Pomanto itu diajak ke sebuah kebun milik warga, Minggu (4/10/20).

Warga sengaja mengajak Fatma ke kebun itu untuk bernostalgia di era kepemimpinan Danny. Kebun itu adalah salah satu karya Danny Pomanto saat menjabat wali kota Makassar (2014-2019).

Kebun kota, julukan kebun warga tersebut, saat ini hanya tersisa satu di Kelurahan Maricaya Baru, Kecamatan Makassar. Dari total 200 kebun kota yang dulunya dirintis Danny saat memimpin Kota Makassar.

“Dulu ada 200 kebun kota yang digagas Pak Danny di sini. Namun tinggal ini yang bertahan. Yang lain sudah tidak ada. Yang tersisa di Maricaya Baru tinggal satu. Alhamdulillah, karena masih ada satu,” kata Surahman, tokoh masyarakat setempat saat berbincang dengan Fatma.

Katanya, kebun tersebut dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Maricaya Baru. Meski akhir-akhir ini terkatung-katung sebab tak pernah lagi mendapatkan sentuhan dari pemerintah.

“Kelompok wanita tani di sini itu berikrar untuk tetap mempertahankan produk dari Pak Danny. Di tengah segala keterbatasan yang ada,” tambah Surahman.

Fatma sendiri mengapresiasi komitmen warga setempat untuk mempertahankan kebun kota tersebut. Utamanya kelompok wanita tani di Kelurahan Maricaya Baru.

“Ini bentuk pemberdayaan masyarakat yang betul-betul nyata bahwa partisipasi masyarakat itu ada. Inilah yang telah diubah Pak Danny saat menjadi wali kota. Kultur masyarakat berubah karena ada partisipasi dan pemberdayaan didalamnya,” demikian mantan anggota DPR RI itu.

Kebun kota yang dikelola kelompok wanita tani itu sendiri berisi sejumlah tanaman. Diantaranya tomat, lombok, kangkung, terung dan sayur-sayuran lainnya. Warga setempat memanfaatkan kebun tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Usai menyambangi kebun warga di Kelurahan Maricaya Baru, Fatma melanjutkan kampanyenya di Kelurahan Maradekaya Selatan. Di lokasi tersebut, warga setempat mengelu-elukan kedatangan Fatma dengan meneriakkan kata ADAMA’, tagline khas pasangan Danny-Fatma. (*)