Legislator Makassar Ray Suryadi Arsyad Minta Pemkot Tuntaskan Air Bersih

Legislator Makassar Ray Suryadi Arsyad

Online24, Makassar – Persoalan air bersih masih menjadi masalah besar di Kota Makassar. Masih banyak masyarakat belum menikmati air bersih, utamanya dikawasan utara. Sementara pembangunan terus digaungkan pemerintah.

Anggota DPRD Kota Makassar, Ray Suryadi Arsyad meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar fokus tuntaskan permasalahan air bersih di Kota Makassar. Pasalnya, air merupakan kebutuhan dasar yang wajib pemerintah penuhi.

“Pemkot Makassar harus menghentikan pembangunan insfrastruktur yang lain sebelum menyelesaikan kelangkaan air di utara Kota,” tegas Ray Suryadi Arsyad, Selasa (6/10).

Apalagi, legislator fraksi Demokrat ini mengatakan, pemenuhan air bersih ini sejalan dengan perintah undang-undang dasar 1945 pasal 33 bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Bukan cuma menjadi hak konstitusi, kata Ray, air bersih juga menjadi hak asasi manusia (HAM) bagi setiap warga negara. Sehingga, itu menjadi indikator standar hidup layak dan tingkat kemiskinan disetiap negara.

“Percuma membahas penataan kota sedangkan kebutuhan pokok dan sumber utama yakni air belum terpenuhi,” jelasnya.

Ray menyebutkan, ada suatu daerah di Kota Makassar satu distrik belum mendapatkan fasilitas air bersih. Kondisi ini sangat miris ditengah status Kota Makassar sebagai Kota Metropolitan.

“Kita minta pemerintah stop bicara kesejahteraan dan pembangunan ketika air bersih saja tidak dilakukan. Kasihan masyarakat,” ungkapnya. (*)