Uji Coba Bibit Jagung Hatta Rahman Hasilkan 12 Ton Per Hektar

Online24, Maros –  Bupati Maros HM Hatta Rahman melakukan uji coba panen jagung bibit Pumhar. Bibit dengan jenis pulut manis Hatta Rahman (Pumhar) panen dengan hasil yang cukup memuaskan yakni 12 ton per hektar.

Bibit jagung ini merupakan bibit jagung yang dikembangkn oleh Balitsereal selama lima tahun terakhir. Sebelumnya, telah diluncurkan bibit Pumhar ini di Lapangan Pallantikang Februari lalu.

Menurut Hatta, uji coba bibit pumhar ini dilakukan ditiga kabupaten yakni Maros, Bone dan Sinjai. “Alhamdulillah hasil dari bibit pumhar ini cukup memuaskan dengan hasil 12 ton per hektar sedangkan bibit jagung lain maksimal 8 ton per hektar,” ujar Hatta.

Untuk kabupaten lain kata Hatta juga akan segera panen dan akan dilihat hasilnya. Hatta membeberkan beberapa keunggulan dari bibit Pumhar ini yakni tongkol lebih besar dengan bulir jagung cukup besar dari jagung sejenis. Selain itu masa tanam lebih pendek yakni hanya 70 hari atau dua bulan kebih.

“Jagung ini juga lebih manis dari jagung sejenis sehingga memiliki kualitas lebih baik,” ujar Hatta. Hatta berharap, bibit jagung ini kedepan bisa menjadi bibit andalan dan tidak hanya digunakan untuk petani di kabupaten Maros tapi didaerah lain juga. “Itulah dilakukan uji coba dibeberapa kabupaten untuk melihat sejauh mana hasil dari bibit jagung ini,” pungjas Hatta.

Bibit jagung Pumhar ini merupakan akronim dari pulut manis Hatta Rahman. Dibutuhkan waktu sekitar 5 tahun untuk mengembangkan bibit jagung jenis hibrida ini.