Gunakan Perahu Ketinting, Iqbal Tinjau Tanggul Jebol di Malbar

Pjs. Bupati Luwu Utara, Muhammad Iqbal Suhaeb, saat meninjau tanggul yang jebol di Dusun Rakki Rakki Desa Wara Kecamatan Malangke Barat (Malbar), Jumat (9/10/2020)

Online24, Luwu Utara – Pjs. Bupati Luwu Utara, Muhammad Iqbal Suhaeb, meninjau tanggul yang jebol di Dusun Rakki Rakki Desa Wara Kecamatan Malangke Barat (Malbar), Jumat (9/10/2020). Menariknya Iqbal menggunakan perahu ketinting, perahu tradisional warga desa setempat, dalam peninjauan tersebut.

Tak sendiri, Iqbal Suhaeb juga didampingi Wakil Ketua DPRD Luwu Utara Awaluddin, Plt. Kadis PUPR Rusydi Rasyid, Kalaksa BPBD Muslim Muchtar dan Camat Malangke Barat Sulpiadi. ditemui usai peninjauan, Iqbal menyarankan agar jalur aliran sungai Rongkong tersebut harus dikembalikan ke jalur asalnya.

“Seperti yang kita lihat tadi bahwa aliran air sungai Rongkong telah membuat jalur baru, sehingga terjadi genangan di mana-mana. Parahnya, genangan tersebut mengarah ke pemukiman warga,” kata Iqbal. Ia menyebutkan, Pemda Lutra melalui Dinas PUPR telah membangun beberapa talud agar alirannya dapat dinormalkan kembali.

“Di sana juga banyak sekali kayu-kayu yang menutup aliran air, sehingga harus dibersihkan terlebih dahulu karena arus cukup deras dan talud-talud tersebut mudah terbongkar,” terang Iqbal. Untuk membersihkan itu, Iqbal meminta tambahan alat berat supaya pengerjaannya cepat selesai karena kedalaman aliran sungai ini kurang lebih 8 meter dan yang digunakan untuk talud sementara adalah pohon-pohon.

“Perlu kerjasama yang optimal memang antara pemerintah dan masyarakat setempat. Insya Allah, dalam waktu sebulan dengan tambahan alat berat ini kita bisa normalkan kembali aliran sungainya,” imbuh dia. Untuk diketahui, BPBD telah memberikan bantuan kepada warga terdampak berupa sekop 7 buah, sensow 1 unit, kompor gas 2 mata 1 unit, terpal 6X8 2 lembar, karung besar 700 lembar, beras 100 kg, mie instan 20 dos dan air mineral 15 dos.